Laga Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh berlangsung sengit dengan tensi panas. Pertandingan tersebut diwarnai dua kartu merah masing-masing satu untuk Vietnam dan satu untuk Malaysia. Namun yang menjadi sorotan yaitu keputusan sang pengadil lapangan Ryuji Sato. 

Baca juga : Hasil Indonesia vs Kamboja: Skuad Garuda Menang Tipis 2-1

Insiden yang membuat Ryuji Sato menjadi sorotan yaitu keputusannya memberikan penalti bagi Vietnam di menit ke-64. Wasit asal Jepang ini memberikan kartu merah kepada Azam Azmi karena melanggar Doan Van Hao di luar lapangan. Walaupun terjadi di luar lapangan, Ryuji Sato memberikan hadiah penalti untuk Vietnam. 

Keputusan Kontroversi Ryuji Sato Pada Pertandingan Vietnam vs Malaysia

Keputusan Kontroversi Ryuji Sato Pada Pertandingan Vietnam vs Malaysia
Keputusan Kontroversi Ryuji Sato Pada Pertandingan Vietnam vs Malaysia

Kontroversi keputusan Ryuji sato terjadi saat Vietnam menyerang pertahanan Malaysia melalui Doan Van Hao di sisi kiri lapangan. Doan Van Hao lalu berlari kencang merangsek ke dalam kotak penalti namun ditempel ketat oleh Azam Azmi. saat mendekati garis lapangan, Azam Azmi menyapu bola lalu bertabrakan dengan Doan Van Hao. Keduanya pun tersungkur keluar lapangan hingga terhenti di papan iklan. 

Kejadian ini awalnya tidak dianggap wasit sebagai pelanggaran dan pertandingan pun tetap berjalan normal. Akan tetapi, wasit tiba-tiba menghentikan pertandingan dan menghampiri Azam Azmi dan berkomunikasi dengan asisten wasit. Setelah berkomunikasi dengan asisten wasit, Azam Azmi mendapatkan kartu merah. Tidak cukup sampai di situ, wasit pun menunjuk titik putih dan menghadiahi Vietnam penalti. 

Keputusan wasit memberikan kartu merah ke pemain Azam Azmi tentu mengundang protes keras dari publik sepakbola terutama suporter Malaysia. Banyak dari netizen yang menyerang sang wasit dan ingin melaporkannya ke FIFA. Ryuji Sato dinilai terlalu berat sebelah dan lebih menguntungkan Vietnam. 

Keputusan Tepat Ryuji Sato

Usut punya usut, ternyata Azam Azmi melakukan pelanggaran saat tersungkur bersama Doan Van Hao. Awalnya, wasit tidak menganggap tabrakan kedua pemain ini sebagai pelanggaran. Akan tetapi, gerakan tambakan Azam Azmi saat tersungkur lah yang menjadi sorotan. Azam Azmi terlihat menaikkan kakinya ke kepala Doan Van Hao dan sedikit mengenai kepalanya. Oleh karena itu, wasit memberikan kartu merah. 

Keputusan penalti yang diambil oleh Ryuji Sato pun sebenarnya sudah tepat karena sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini mengacu pada peraturan IFAB (The International Football Association Board) dalam pasal 12.4 tentang pelanggaran dan Kesalahan. Disebutkan bahwa pelanggaran yang terjadi di luar pertandingan namun sejajar dengan kotak 16, maka bisa diberikan hadiah penalti. 

Melihat dari kejadian di lapangan, Azam Azmi memang melakukan pelanggaran di luar kotak penalti yang sejajar dengan kotak 16. Oleh karena itu, sang pengadil lapangan memutuskan memberikan hadiah penalti kepada Vietnam atas pelanggaran yang terjadi. 

Bukan Kali Pertama

Sebenarnya Ryuji Sato sudah dua kali memimpin pertandingan Vietnam vs Malaysia. Sebelumnya, wasit berusia 41 tahun ini memimpin pertandingan Vietnam vs Malaysia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Kala itu, wasit asal Jepang ini juga megambil keputusan yang cukup kontroversi. 

Di mana, Ryuji Sato memberikan Vietnam hadiah penalti di menit ke-80 sehingga Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-2. Wasit berusia 41 tahun ini mengambahn Brendan Gan melakukan pelanggaran kepada Nguyen Van Toan. Padahal, Nguyen Van Toan sengaja menjatuhkan diri alias diving. 

Hasil Vietnam vs Malaysia

Dalam pertandingan yang dipimpin oleh Ryuji Sato tersebut, Malaysia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor akhir 3-0. Vietnam berhasil unggul lebih dulu di menit ke-28 melalui Nguyen Tien Linh. Tidak lama berselang, Vietnam terpaksa bermain dengan 10 pemain saja usai Nguyen Van Toan mendapatkan kartu merah. Meski unggul jumlah gol, Malaysia tidak mampu juga mencuri gol dari Vietnam. 

Baca juga : Cristiano Ronaldo Dapat Kontrak dari Al-Nassr, Ditawari Kontrak 7 Tahun

Di babak kedua, pertandingan tetap berjalan alot lalu terjadinya keputusan kontroversi. Vietnam pun berhasil menambah keunggulan berkat gol penalti Que Ngoc Hai. Memasuki menit ke-83, Vietnam berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 berkat gol dari Nguyen Hoang Duc. 

Share.

Leave A Reply