Polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 masih terus dibicarakan. Bahkan karena polemik ini, Piala Dunia U20 terancam batal. Pasalnya, beredar sebuah potongan video yang menyebutkan drawing Piala Dunia yang seharusnya dilakukan pada 31 Maret mendatang dibatalkan oleh FIFA. Disebutkan, FIFA meminta jaminan atas keselamatan seluruh peserta. 

Baca Juga: Pemerintah Belum Tegas Tentang Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20, Terancam Batal

Semakin mendekati Piala Dunia U20 digelar, polemik keikutsertaan Israel memang semakin panas. Sebelumnya, hanya beberapa pihak yang secara lantang menolak Israel. Namun saat ini, beberapa kepala daerah seperti Gubernur Bali dan Gubernur Jawa Tengah juga menegaskan menolak. Di sisi lain, Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan suara secara tegas langkah apa yang akan diambil. 

Piala Dunia U20 Terancam Batal

Piala Dunia U20 Terancam Batal
Piala Dunia U20 Terancam Batal

Kabar Piala Dunia U20 terancam batal disebabkan oleh sebuah potongan video. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa FIFA menunda agenda drawing Piala Dunia U20 hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Disebut juga, FIFA baru akan menggelar drawing jika keselamatan peserta dijamin. 

Ternyata, orang yang ada di dalam video tersebut merupakan Akmal Marhali koordinator Save Our Soccer. Akmal Marhali menyebutkan bahwa penundaan ini bisa menjadi masalah bagi Indonesia. Pasalnya, Piala Dunia U20 yang sudah disiapkan sejak tahun 2019 terancam dibatalkan. 

Akan tetapi, informasi penundaan drawing Piala Dunia U20 ini masih belum diketahui kebenarannya. Belum ada informasi resmi baik dari PSSI dan FIFA terkait penundaan ini. Oleh karena itu, informasi penundaan drawing Piala Dunia U20 ini belum bisa dipercaya 100%. 

Sanksi Menanti Indonesia

Piala Dunia U20 Terancam Batal
Sanksi Menanti Indonesia

Apabila Piala Dunia U20 terancam batal, maka ada sederet sanksi yang akan diterima oleh Indonesia. Salah satu ancaman sanksi yang kemungkinan akan didapatkan oleh Indonesia yaitu pencabutan status sebagai tuan rumah. Tidak hanya itu, sepakbola Indonesia juga akan di banned oleh FIFA. 

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, tentu ini akan menjadi hal yang sangat buruk bagi Indonesia. Di mana, aktivitas sepakbola di tanah air akan mati dan banyak orang akan kehilangan mata pencahariannya. Tidak hanya itu, harapan-harapan anak-anak muda yang ingin menjadi pesepakbola profesional juga akan menelan akibatnya padahal tidak tahu menahu tentang permasalah yag terjadi.  

Baca Juga: Jangan Lewatkan FIFA Matchday Indonesia vs Burundi Pada 25 dan 28 Maret

Tidak hanya itu, batalnya Piala Dunia U20 juga akan mencoreng nama baik Indonesia di kancah internasional. Indonesia akan dicap sebagai negara yang tidak mampu melaksanakan sebuah event. Bahkan, bisa berbuntut ke bidang lain selain sepakbola. Oleh karena itu, banyak pengamat yang meminta Pemerintah Indonesia tegas menjamin keselamatan timnas Israel

Share.

Leave A Reply