Pada FIFA Matchday kali ini, Indonesia akan menjamu Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga. Pertandingan Indonesia vs Burundi akan terjadi dua kali yaitu pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023. Secara peringkat FIFA, Burundi masih lebih baik dari Indonesia. Burundi berada di peringkat 141 sedangkan Indonesia di peringkat 151. 

Baca Juga: Masih Berlanjut, Giliran Gubernur Bali Tolak Israel di Piala Dunia U-20

Apabila dalam pertandingan Indonesia vs Burundi tersebut skuad Garuda mampu memetik 2 kali kemenangan, maka akan mendapatkan tambahan poin FIFA. Poin FIFA yang bisa didapatkan yaitu 10,78 sehingga bisa menjadi bekal untuk memperbaiki peringkat FIFA Indonesia. Lantas mampukah skuad Garuda menang melawan Burundi?

STY Minta Pemain Tidak Puasa

Indonesia vs Burundi
STY Minta Pemain Tidak Puasa

Menjelang pertandingan Indonesia vs Burundi, STY mengumpulkan semua pemain timnas untuk melakukan pemusatan latihan. STY menggabungkan pemusatan latihan timnas senior dan juga U-20 kali ini karena berdekatan. Namun STY meminta agar para pemain tidak berpuasa selama melakukan pemusatan latihan ini. 

Menurut STY, para pemain yang berpuasa akan kesulitan menjalani program latihan yang dia terapkan dan juga kondisi fisik dikhawatirkan tidak fit saat bertanding. Pelatih asal Korea Selatan tersebut kemudian akan berkonsultasi dengan pemuka agama mengenai puasa para pemain ini. 

Pernyataan STY ini sempat menimbulkan pro kontra karena menilai sang pelatih menganggap enteng puasa. Namun tidak sedikit juga yang membela sang pelatih salah satunya yaitu Indra Sjafri yang menyetujui pernyataan STY tersebut. Namun, hal ini tetap akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pemuka agama. 

Jelang Indonesia vs Burundi

Indonesia vs Burundi
Jelang Indonesia vs Burundi

Laga Indonesia vs Burundi yang sudah sangat dekat ini membuat pemusatan latihan pemain terus digencarkan. Sejumlah  pemain yang dipanggil oleh STY sudah terlihat di sesi latihan bersama. Pemain naturalisasi juga sudah terlihat berlatih bersama seperti Elkan Baggot dan Jordi Amat. 

Di laga Indonesia vs Burundi, duet dua bek tangguh Indonesia Elkan Baggot dan Jordi amat akan sangat ditunggu-tunggu. Ini akan menjadi duet pertama Elkan Baggot dan Jordi Amat. Sebelumnya, Jordi Amat bermain di Piala AFF namun Elkan Baggot tidak bisa ikut. Kali ini, keduanya bisa sama-sama bergabung dengan tim Garuda. 

Sebenarnya, ada satu lagi pemain bek naturalisasi yang dipanggil STY yaitu Shayne Pattynama. Namun sayangnya, Shayne Pattynama tidak akan tampil di pertandingan Shayne Pattynama kali ini. Hal ini karena proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI belum rampung. Kemungkinan posisi ini akan  tetap diisi oleh Arhan Pratama. 

Sedangkan sang pelatih mengaku masih buta dengan Burundi. Pelatih asal Korea Selatan tersebut belum mengetahui apapun mengenai lawan skuad Garuda tersebut. Walaupun begitu, STY berjanji akan segera menganalisa lawan Indonesia tersebut. 

Baca Juga: Harapan STY Agar Indonesia Dapat Lawan Mudah di Piala Dunia U-20

Burundi sendiri merupakan sebuah negara yang terletak di tengah Afrika. Tepatnya, negara ini berbatasan dengan Rwanda, Tanzania dan Republik Demokratik Kongo. Setidaknya, ada 15 pemain Burundi yang berkarir di Eropa. Salah satunya yaitu Saido Berahino yang pernah bermain di Premier League

Share.

Leave A Reply