Indonesia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 harus menerima kedatangan Israel sebagai salah satu pesertanya. Akan tetapi, banyak pihak di dalam negeri yang tidak ingin timnas Israel di Piala Dunia U20 karena tidak memiliki hubungan diplomatik. Oleh karena itu, keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U20 ditentang keras. 

Baca Juga: Deretan Pemain Mahal Brasil Diboyong ke Piala Dunia U20 Indonesia Mei Mendatang

Setelah beberapa pekan polemik ini, ternyata belum juga ada jawaban yang pasti. Bahkan, polemik keikutsertaan timnas Israel di  Piala Dunia U20 semakin panas. Hal ini karena beberapa kepada daerah yang menolak kedatangan timnas Israel di Piala Dunia U20 contohnya yaitu Gubernur Bali dan Gubernur Jawa Tengah yang menolaknya. 

Sikap Pemerintah Terhadap Timnas Israel di Piala Dunia U20

Timnas Israel di Piala Dunia U20
Sikap Pemerintah Terhadap Timnas Israel di Piala Dunia U20

Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia belum memberikan pernyataan secara tegas mengenai keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20. Hanya ada beberapa pernyataan tersirat dari Plt Menpora dalam rapat bersama DPR. Tidak ada sedikitpun sikap dan langkah seperti apa yang akan diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam polemik tersebut. 

Beberapa pihak mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya tidak dalam posisi bisa menolak keikutsertaan Israel. Hal ini karena, FIFA lah yang memiliki wewenang mengenai peserta tersebut. Seharusnya, Indonesia sudah siap dengan kedatangan Israel sejak mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun ini. 

Bahkan disebutkan juga, Indonesia terancam mendapatkan sanksi berat jika menolak Israel. Disebutkan, FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada Indonesia salah satunya yaitu pembekuan sepak bola. Jika hal tersebut terjadi, maka sepak bola tanah air akan kembali tertidur dalam. 

Di lain sisi, beberapa pihak tetap menolak kedatangan Israel. Mereka mengatakan bahwa Indonesia memiliki konstitusi yang melarang Israel datang. Disebutkan dalam UUD 45, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Oleh karena itu, Israel yang menjajah Palestina tidak boleh masuk ke Indonesia. 

Piala Dunia U20 Terancam Batal

Timnas Israel di Piala Dunia U20
Piala Dunia U20 Terancam Batal

Di tengah polemik keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U20, di mana Piala Dunia U20 terancam batal. Dalam sebuah potongan video yang banyak beredar di dunia maya, drawing Piala Dunia U20 yang seharusnya dilakukan pada 31 Maret 2023 ditunda oleh FIFA. disebutkan, drawing akan dilakukan saat Indonesia sebagai tuan rumah mampu menjamin keselamatan 24 negara peserta. 

Baca Juga: Masih Berlanjut, Giliran Gubernur Bali Tolak Israel di Piala Dunia U-20

Akan tetapi, belum diketahui secara jelas asal-usul video dan siapa yang ada dalam video tersebut. Baik FIFA ataupun PSSI hingga kini belum memberikan info apapun terkait penundaan drawing Piala Dunia U20. Jadi, informasi yang beredar belum bisa diketahui kebenaranya. 

Share.

Leave A Reply