Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia bahkan di dunia. Olahraga ini membutuhkan kerjasama tim yang baik karena dimainkan oleh 11 pemain. Setiap pemain memiliki  posisinya masing-masing dengan tugas yang  berbeda-beda. Namun,  apakah Anda sudah tahu posisi-posisi pemain sepakbola?

Baca Juga: Lakukan Latihan Kiper Berikut Agar Tidak Mudah Kebobolan

Setiap posisi ini memiliki tugas yang berbeda-beda dan sangat berpengaruh dalam permainan tim. Contohnya, pemain bertahan bertugas menghalau semua serangan yang datang ke arah gawang dan juga membantu serangan dari bawah. Lalu pemain depan bertugas untuk merusak pertahanan lawan lalu mencetak gol. 

Posisi Pemain Sepakbola

Posisi Pemain Sepakbola
Posisi Pemain Sepakbola

Penasaran apa saja posisi pemain sepakbola? Secara garis besar ada 7 posisi pemain sepakbola. Namun setiap posisi memiliki pecahan lagi contohnya bek sayap dibagi menjadi bek sayap kiri dan bek sayap kanan. Untuk lebih jelasnya, langsung  saja perhatikan beberapa posisi pemain sepakbola di bawah ini 

  • Kiper

Posisi pertama dalam sepakbola yaitu kiper atau penjaga gawang. Kiper bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan sehingga ditempatkan tepat di bawah gawang. Kiper menjadi satu-satunya pemain dalam lapangan yang diperbolehkan menggunakan tangan. Namun aturan ini hanya berlaku  di dalam area kotak penalti saja. 

Selain bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan, kiper memiliki tugas lain yaitu untuk mengkoordinasi pertahanan. Di era modern ini, kiper bahkan dituntut mampu membantu sernagan dari belakang. Jadi, kiper tidak selalu hanya  melepaskan umpan panjang ke depan karena dirasa kurang efektif. 

  • Bek Tengah

Posisi pemain sepakbola selanjutnya yaitu bek tengah yang berada tepat di depan kiper. Tugas utama dari bek tengah yaitu untuk mencegah tim lawan melakukan tendangan ke arah gawang dan juga dituntut mampu memotong serangan yang dilakukan tim lawan. Bek tengah juga  harus siap menyapu bola jika dirasa bola berada di area yang cukup berbahaya. 

Sama seperti kiper, tugas bek tengah di era modern saat ini juga sedikit berbeda. Saat ini, bek tengah tidak hanya dituntut mampu menghalau serangan namun juga mampu membantu serangan. Oleh karena itu, bek tengah dituntut mampu menggiring bola dan melakukan umpan yang akurat. 

  • Bek Sayap

Di sisi kanan dan kiri daerah pertahanan akan diisi oleh bek sayap atau lebih dikenal dengan sebutan left back (LB) dan right back (RB). Tugas utama seorang bek sayap yaitu menghalau semua serangan yang dilancarkan di sisi sayap. Tidak hanya itu, bek sayap juga dituntut mampu memiliki pergerakan yang cepat karena diharuskan membantu serangan dan kembali secepat mungkin. 

  • Gelandang Bertahan

Di posisi sedikit ke depan, diisi oleh gelandang bertahan atau dikenal dengan sebutan defensive midfielder (DMF). Tugas utama seorang gelandang bertahan yaitu mencegah serangan di tengah lapangan lalu mengalirkan bola ke depan. Oleh karena itu, seorang gelandang bertahan dituntut mahir dalam  memotong serangan lawan. 

  • Gelandang Serang

Di depan gelandang bertahan terdapat gelandang serang atau dikenal dengan center midfielder (CMF). seorang gelandang serang harus memiliki naluri yang tinggi dalam menciptakan peluang dan sering menjadi pengatur permainan seorang tim. Salah satu contoh pemain hebat yang mengisi posisi ini yaitu Mesut Ozil.  

  • Sayap

Lalu di sisi kanan dan kiri lapangan diisi oleh sayap kanan dan sayap kiri atau dikenal dengan sebutan right midfielder (RMF) dan left midfielder (LMF). Posisi sayap sebenarnya masuk ke dalam  posisi gelandang namun tugasnya di sisi kanan dan kiri lapangan. Seorang pemain sayap dituntut mampu  membantu serangan dan juga memiliki akurasi yang baik dalam melakukan  umpan silang. 

  • Penyerang

Posisi paling terakhir dalam sepakbola yaitu penyerang yang bertugas mencetak gol demi meraih kemenangan. Seorang penyerang ditepatkan paling depan sehingga berada paling dekat dengan gawang lawan. Penyerang dituntut memiliki penyelesaian yang baik karena yang dinanti dari seorang penyerang yaitu golnya. 

Baca Juga: Memahami Cara Passing Bola dan Jenis-Jenisnya

Di posisi penyerang sebenarnya  dibagi lagi menjadi beberapa seperti second stiker (SS) dan center forward (CF). second striker bertugas mengacaukan konsentrasi pemain bertahan lawan lalu  mencetak gol. Sedangkan center forward bertugas sebagai finishing yang menunggu umpan dan menyelesaikannya menjadi gol. 

Share.

Leave A Reply