Sudahkah Anda tahu bagaimana latihan kiper yang benar? Kiper merupakan posisi yang sangat penting dalam permainan sepakbola. Hal ini karena kiper merupakan penjaga terakhir untuk menghalau bola agar tidak kebobolan. Tidak hanya itu, kiper juga bisa menjadi pengatur permainan terutama untuk bagian pertahanan. 

Baca Juga: Memahami Cara Passing Bola dan Jenis-Jenisnya

Namun, latihan kiper tentu berbeda dengan pemain lainnya. Hal ini karena kiper menggunakan tangannya dalam bermain sepakbola. Sedangkan pemain lain menggunakan kaki. Oleh karena itu, metode latihan kiper dan pemain lain memiliki fokus yang berbeda.  

Latihan Kiper

Latihan Kiper
Latihan Kiper

Lantas bagaimana latihan kiper yang benar tersebut? Di bawah ini sudah disiapkan beberapa tipe latihan yang bisa dilakukan. Akan tetapi, disarankan untuk melakukan latihan kiper dengan partner agar hasilnya bisa lebih maksimal. 

  • Latihan Menangkap Bola

Tentunya, latihan pertama yang wajib dilakukan seorang kiper yaitu latihan menangkap bola. Anda bisa meminta bantuan seorang partner untuk melakukan tembakan kemudian Anda tangkap. Sebaiknya gunakan berbagai macam tendangan untuk melatih cara menangkap bola dalam berbagai situasi

  • Latihan Sudut Pandang

Latihan selanjutnya yaitu latihan sudut pandang untuk membuat seorang kiper mampu bereaksi dengan cepat. Sama seperti sebelumnya, latihan ini harus dilakukan dengan partner. Mintalah kepada partner untuk melakukan tembakan secara acak ke berbagai arah. Dengan begitu, Anda akan terbiasa dengan berbagai tembakan yang datang secara tiba-tiba.

  • Latihan Gerakan Kaki

Latihan terakhir yang perlu dilakukan seorang kiper yaitu latihan gerakan kaki. Latihan ini untuk membuat langkah seorang kiper menjadi lebih efektif menjangkau bola. Seorang kiper juga dituntut untuk melakukan lompatan yang tinggi agar bisa memotong arah bola. Namun, perhatikan gerakan kaki agar mampu melindungi diri dari benturan dengan pemain lain. 

Hal Wajib Bagi Seorang Kiper

Latihan Kiper
Hal Wajib Bagi Seorang Kiper

Selain beberapa latihan di atas, ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang kiper. Beberapa hal ini merupakan adalah yang terpenting dalam posisi kiper untuk memastikan tidak ada bola yang melewati gawang. 

  • Fokus

Seorang kiper dituntut untuk selalu fokus dalam pertandingan meskipun tim sedang menyerang. Hal ini karena tim lawan bisa sewaktu-waktu melancarkan serangan balik yang cepat. Tidak hanya itu, pemain lawan juga terkadang secara tiba-tiba melepaskan tembakan ke arah gawang meskipun tidak memiliki ruang tembak yang cukup baik. Oleh karena itu, kiper harus fokus pada bola dan siap untuk menghalau bola yang mengarah ke gawang. 

  • Percaya Diri

Dalam sebuah pertandingan, kepercayaan diri merupakan hal yang penting dimiliki. Saat seseorang percaya diri, maka dirinya akan tenang sehingga bisa fokus dalam pertandingan. Saat kepercayaan diri tidak dimiliki, maka seseorang akan gelisah dalam lapangan sehingga tidak mampu mengeluarkan kemampuannya dengan maksimal. 

Baca Juga: Memahami Teknik Menendang Bola Agar Efektif Mencetak Gol

  • Refleks yang Cepat

Hal terakhir yang penting dimiliki oleh seorang kiper yaitu refleks yang cepat. Hal ini karena arah bola terkadang tidak tertentu dalam sebuah pertandingan. Oleh karena itu, seorang kiper dituntut mampu merespon dengan cepat arah bola yang tiba-tiba berubah ataupun bola yang tiba-tiba muncul. 

Share.

Leave A Reply