Salah satu hal yang penting untuk dipelajari dalam bermain sepakbola yaitu cara passing bola yang benar. Passing itu sendiri merupakan teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola kepada rekan satu tim. Hal ini penting dipelajari karena sepakbola merupakan olahraga tim yang mengalirkan bola dari rekan ke rekan untuk mencetak gol demi mendapatkan kemenangan.

Baca Juga: Memahami Teknik Menendang Bola Agar Efektif Mencetak Gol

Oleh karena itu, cara passing bola merupakan hal yang sangat penting dikuasai saat bermain sepak bola. Bahkan, suatu strategi bisa berjalan baik atau tidak tergantung dari kemahiran pemain yang ada di lapangan dalam melakukan passing. Jika cara passing bola yang dilakukan salah, bisa jadi bola malah mengarah ke lawan maupun ke luar lapangan sehingga strategi permainan bisa kacau. 

Cara Passing Bola

Cara Passing Bola

Lantas bagaimanakah cara passing bola yang benar tersebut? Agar permainan sepakbola Anda semakin mahir, simak cara passing bola yang benar di bawah ini. 

  • Menggunakan Kaki Dalam

Cara passing yang pertama yaitu menggunakan kaki bagian dalam. Teknik passing yang satu ini sering digunakan saat sedang melakukan umpan satu dua dengan rekan yang jaraknya dekat. Teknik ini efektif dalam melakukan umpan yang cepat untuk mengecoh lawan. 

Cara melakukannya yaitu dengan menghadap ke arah bola. Setelah itu, pergelangan kaki yang hendak digunakan menendang diputar ke arah luar sehingga permukaan bola mengenai kaki bagian dalam. Lalu tendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan kekuatan yang disesuaikan. 

  • Menggunakan Kaki Luar

Selain menggunakan kaki bagian dalam, passing juga bisa menggunakan kaki bagian luar. Akan tetapi, teknik yang ini lebih sulit dibandingkan menggunakan kaki bagian dalam. Selain  itu, akurasinya juga tidak sebaik menggunakan kaki bagian dalam jika tidak terbiasa. Namun, teknik ini bisa membuat bola berputar sehingga bisa mengecoh lawan. 

Pertama-tama, berdirilah menghadang bola dengan meletakkan kaki tumpuan di dekat bola. Setelah itu, putar pergelangan kaki yang hendak digunakan untuk menendang ke arah dalam. Lalu tendang bola sesuai dengan keputusan.. Jika ingin memberikan umpan jauh, tendang dengan keras. 

  • Menggunakan Tempurung Kaki

Cara yang terakhir yaitu menggunakan tempurung kaki. Teknik yang satu ini lebih sulit lagi karena akurasinya jauh lebih rendah. Bahkan, tidak banyak pemain yang gagal melakukan teknik yang satu ini. Namun, teknik ini tetap dibutuhkan dalam situasi tertentu untuk menciptakan peluang. 

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan kaki tumpuan di samping bola. Setelah itu, luruskan kaki dan tarik ke bawah sehingga tempurung kaki mengenai permukaan bola. Lalu ayunkan kaki untuk menendang bola sesuai dengan tenaga yang diperlukan. 

Jenis-Jenis Passing

Cara Passing Bola

Selain memahami cara passing yang benar. Memahami jenis-jenis passing juga merupakan salah satu ha yang perlu dilakukan. Hal ini untuk menambah wawasan saat bermain sepak bola sehingga mampu menciptakan pengambilan keputusan yang lebih baik. 

  • Short Passing

Jenis passing yang pertama yaitu short passing atau operan pendek. Short passing ini yaitu memberikan bola kepada rekan yang jaraknya dekat. Sebaiknya, berikan umpan dengan menggunakan kaki bagian dalam lalu mendatar. Dengan begitu, umpan akan mengarah ke rekan dengan lebih baik. 

  • Long Passing

Selain short passing, ada juga long passing atau operan jauh. Sesuai namanya, long passing ini bertujuan untuk memberikan bola kepada rekan yang posisinya cukup jauh. Biasanya, long passing ini dilakukan saat melakukan serangan balik di mana terdapat penyerang yang berdiri sendirian di depan. Tidak hanya itu, umpan ini juga bermanfaat mengubah serangan dari sisi kanan lapangan ke sisi kiri ataupun sebaliknya. 

Baca Juga: Asah Skil Anda Dengan Kuasai Teknik Dasar Sepakbola Berikut Ini

Nah, itulah dia cara passing bola dan jenis-jenisnya. Dengan tambahan informasi ini, semoga skill bermain sepakbola Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk selalu berlatih agar skill bermain sepakbola semakin terasah dan mahir. 

Share.

Leave A Reply