Salah satu teknik paling penting dalam bermain sepakbola yaitu teknik menendang bola. Salah satu manfaat yang paling penting dari teknik menendang bola yaitu untuk mencetak gol. Saat mendapatkan kesempatan untuk melepaskan tendangan, peluang terciptanya gol tergantung seberapa mahir teknik menendang bola yang dikuasai. Jika tidak terlalu menguasai teknik menendang, bisa jadi arah bola malah menjauh dari gawang

Baca Juga: Asah Skil Anda Dengan Kuasai Teknik Dasar Sepakbola Berikut Ini

Sebenarnya, teknik menendang ini tidak hanya berguna untuk mencetak gol, bisa juga untuk memberikan umpan kepada rekannya. Contohnya yaitu sepakan pojok, di mana pemain dituntut mampu melepaskan tembakan terukur ke arah rekannya yang menunggu di depan gawang. Contoh lain yaitu umpan panjang ke daerah musuh yang tepat sasaran.

Teknik Menendang Bola yang Perlu Dikuasai

Teknik Menendang Bola
Teknik Menendang Bola yang Perlu Dikuasai

Lantas apa saja teknik menendang bola yang perlu dikuasai tersebut? Sepertinya tidak berbasa-basi lagi, di bawah ini telah disiapkan beberapa teknik menendang bola yang perlu Anda kuasai. 

  • Menggunakan Kaki Bagian Luar

Teknik menendang yang perlu dikuasai pertama yaitu teknik menendang dengan kaki bagian luar. Teknik ini sering kaki digunakan untuk memberikan umpan pada jarak dekat saja. Selain itu, akurasi tembakan dengan kaki bagian luar sedikit buruk sehingga tidak disarankan untuk melakukan tembakan jarak jauh. Namun, teknik ini cocok digunakan untuk menggiring bola. 

Cara melakukannya yaitu dengan berdiri menghadap arah bola. Lalu kaki tumpuan diletakkan disamping bola dengan lutut sedikit tertekuk. Setelah itu, pergelangan kaki yang hendak digunakan untuk menendang diputar ke sisi dalam sehingga bola akan menyentuh kaki bagian luar. Hal terakhir yang perlu dilakukan yaitu mengayunkan kaki ke arah bola dengan memfokuskan pandangan ke arah bola.  

  • Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Teknik menendang bola selanjutnya yaitu menggunakan kaki bagian dalam. Jika dibandingkan dengan teknik sebelumnya, menendang dengan kaki bagian dalam bisa mendapatkan akurasi yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, teknik ini sering digunakan untuk melakukan tembakan jarak jauh terukur ataupun umpan satu dua dengan rekan sendiri untuk menciptakan permainan yang cepat. 

Tentu hal yang paling pertama dilakukan yaitu berdiri sejajar dengan bola. Setelah itu, letakkan kaki yang menjadi tumpuan disamping bola. Lalu putarlah pergelangan kaki yang hendak digunakan untuk menendang ke sisi luar. Dengan begitu, permukaan bola akan menyentuh kaki bagian dalam. Dan yang terakhir yang perlu dilakukan yaitu mengayunkan kaki ke arah bola. Tenaga yang perlu dikeluarkan disesuakan seberapa jauh Anda akan menendang bola. . 

  • Menggunakan Punggung Kaki

Selain menggunakan kaki bagian dalam dan luar, menendang bola juga bisa menggunakan punggung kaki. Teknik ini biasanya digunakan untuk menciptakan tendangan dengan kecepatan yang luar biasa sehingga membuat kiper tidak sempat menghalaunya. Selain itu, akurasinya juga cukup baik jika dilatih terus menerus. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan sulit untuk menentukan akurasinya. 

Pertama-tama, letakkan kaki tumpuan di samping bola dan fokuskan pandangan pada bola. Lalu pergelangan kaki yang digunakan untuk menendang ditarik ke bawah lalu kunci. Setelah itu, tarik tungkai ke belakang lalu ayunkan sekuat yang Anda bisa ke arah bola. Pastikan permukaan bola mengenai punggung kaki untuk menciptakan tembakan yang keras. 

  • Menggunakan Ujung Kaki

Teknik menendang bola yang bisa dipelajari yang terakhir yaitu menggunakan ujung kaki. Jika dibandingkan dengan teknik lainnya, teknik yang satu ini kurang diperhatikan karena akurasinya yang tidak baik. Bahkan, tendangan yang dilakukan dengan ujung kaki bisa membuat arah bola sangat tidak beraturan. Oleh karena itu, teknik ini hanya dilakukan saat posisi terjepit saja. 

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan kaki tumpuan di samping bola. Arahkan ujung kaki yang digunakan untuk menendangkan bola tepat ke arah permukaan bola. Setelah itu, ayunkan kaki sesuai  yang Anda butuhkan ke arah bola. 

Baca Juga: Mari Pahami Aturan-Aturan Sepakbola

Nah, itulah dia beberapa teknik menendang bola yang perlu dikuasai untuk bisa bermain lebih efektif. Semoga beberapa informasi yang sudah dijelaskan di atas dapat menambah wawasan Anda tentang teknik bermain sepakbola

Share.

Leave A Reply