Pertandingan AS Roma vs Leverkusen di semifinal Europa League berhasil dimenangkan oleh Giallorossi. Bertanding di Stadio Olimpico, AS Roma berhasil menumbangkan anak asuh Xabi Alonso dengan skor akhir 1-0. Gol semata wayang Edoardo Bove di menit 62 lah yang menjadi penyelamat kemenangan AS Roma. 

Baca Juga: Hasil Juventus vs Sevilla: Gol Federico Gatti di Menit 90+7 Selamatkan Si Nyonya Tua dari Kekalahan

Meski menang di leg pertama, AS Roma belum bisa dikatakan aman. Pasalnya, kemenangan AS Roma hanya 1-0 yang masih sangat mungkin terkejar di leg kedua. Ditambah lag, leg kedua akan berlangsung di kandang Bayer Leverkusen pada Jumat (19/5/2023). Mampukah Jose Mourinho mempertahankan kemenangan ini di  leg kedua? 

Jalannya Pertandingan AS Roma vs Leverkusen

AS Roma vs Leverkusen
Jalannya Pertandingan AS Roma vs Leverkusen

Melihat statistik pertandingan, Bayer Leverkusen lebih banyak menguasai bola. Tercatat, Bayer Leverkusen memiliki 62% penguasan bola sedangkan AS Roma menguasai 38% penguasaan bola. Namun, AS Roma lebih mengancam dengan 5 tembakan tepat sasaran sedangkan Bayer Leverkusen hanya 2 tembakan saja. 

Penasaran bagaimana jalannya pertandingan AS Roma vs Leverkusen tersebut? Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan AS Roma vs Leverkusen. 

Babak Pertama

Pertandingan belum berjalan 1 menit, Bayer Leverkusen mampu memberikan ancaman berbahaya ke gawang Rui Patricio. Bermula dari pergerakan Piero Hincapié di sisi kiri yang berhasil mengelabui beberapa pemain AS Roma. Piero Hincapié lalu melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Robert Andrich yang berdiri bebas di dalam kotak penalti kemudian menyonteknya. Namun, Rui Patricio berhasil menghentikan bola dengan sangat baik. 

Di menit ke-6, Bayer Leverkusen kembali mengancam gawang yang dikawal Rui Patricio. Florian Wirtz dengan sangat baik mengontrol bola di depan kotak penalti melewati 3 pemain AS Roma. Adam Hložek yang berdiri di dekat kotak penalti menjadi pantulan sehingga Florian Wirtz mendapatkan ruang tembak yang terbuka di dalam kotak penalti. Sayangnya, tembakan Florian Wirtz masih melenceng tipis di samping gawang. 

AS Roma nyaris saja membuka keunggulan di menit ke-19 melalui tandukan Roger Ibanez. Bermula saat AS Roma mendapatkan tembakan bebas dari ¼ lapangan yang dieksekusi oleh Lorenzo Pellegrini. Bola tembakan Lorenzo Pellegrini menuju ke depan gawang yang kemudian ditanduk oleh Roger Ibanez. Bola tandukan tersebut mengarah tepat ke gawang. Sayangnya, Lukas Hradecky bisa bereaksi dengan cepat sehingga berhasil ditepis.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Bayer Leverkusen tampil menekan sejak awal. Dari sisi kiri lapangan, pemain Bayer Leverkusen berhasil membongkar pertahanan. Sebuah umpan silang lalu diarahkan ke dalamkotak penalti, tetapi dihentikan oleh Rui Patricio. Bola sempat terlepas dari pelukan Rui Patricio. Untungnya, tidak ada pemain Bayer Leverkusen yang siap mengambil bola. 

AS Roma kembali memberikan ancaman yang cukup berbahaya di menit ke-67. Andrea Belotti yang mendapatkan sodoran bola di sisi kanan mencoba melepaskan tembakan keras. Tembakan Andrea Belotti berhasil ditepis oleh kiper Bayer Leverkusen. Edoardo Bove mencoba menyambut bola rebound dengan tembakan akrobatik. Sayangnya, bola malah melambung tinggi di atas mistar gawang. 

AS Roma akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit ke-62 melalui sepakan Edoardo Bove. Bermula dari Edoardo Bove yang menyodorkan bole ke Tammy Abraham. Tammy Abraham menerima bola kemudian memutar badan untuk melakukan tembakan. Tembakan Tammy Abraham berhasil diblokir oleh Lukas Hradecky. Edoardo Bove yang sudah berada di dalam kotak penalti memanfaatkan bola rebound menjadi sebuah gol. 

Memasuki menit ke-80, Bayer Leverkusen terlihat lebih gencar melancarkan serangan ke gawang Rui Patricio. Jeremie Frimpong terlihat berulang kali membuat pertahanan AS Roma cukup kelelahan. Bahkan di menit ke-86, Jeremie Frimpong sempat melepaskan tembakan ke arah gawang yang sudah ditinggalkan Rui Patricio. Sayangnya, bola masih bisa dihentikan oleh pemain bertahan AS Roma. 

Baca Juga: Sergio Busquets Tinggalkan Barcelona Usai 18 Tahun Bersama

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda pertandingan AS Roma vs Leverkusen telah usai. Tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga pertandingan AS Roma vs Leverkusen berakhir dengan skor 1-0. Dengan kemenangan ini, AS Roma hanya butuh hasil imbang di leg kedua untuk bisa melaju ke babak final Europa League musim 22/23. 

Share.

Leave A Reply