Kabar menyedihkan datang dari federasi induk sepakbola dunia FIFA. Pada Rabu (29/3/2023) malam WIB, FIFA dengan resmi menyatakan bahwa Piala Dunia U20 batal digelar di Indonesia. Dalam pernyataan resminya di situs FIFA, tertulis alasan Piala Dunia U20 batal karena kondisi terkini Indonesia. Tidak dijelaskan secara rinci, kondisi terkini yang dimaksud seperti apa. 

Baca Juga: Mengenal Ahmed Salman, Sosok Pemain Muslim di Israel U20

Kabar Piala Dunia U20 batal tentunya mengundang banyak kekecewaan bagi masyarakat Indonesia. Banyak warganet yang mengumpat dan mulai menyerang akun-akun pejabat yang menolak Israel. Hal ini karena, penolakan Israel inilah yang menjadi situasi politik Indonesia tidak kondusif sehingga FIFA mencabut status tuan rumah. 

Kekecewaan ini tentunya tidak hanya datang dari para pecinta sepakbola tanah air saja. Para punggawa timnas terutama skuad Garuda Muda yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 merasa sangat kecewa. Tidak sedikit punggawa muda Garuda membanjiri kolom komentar Ganjar Pranowo karena penolakan yang dikatakannya. 

Piala Dunia U20 Batal

Piala Dunia U20 Batal
Piala Dunia U20 Batal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kabar Piala Dunia U20 batal dilaksanakan di Indonesia disampaikan langsung oleh FIFA melalui situs resminya. Dalam pernyataan tersebut, terdapat 3 paragraf yang disampaikan oleh FIFA. 

Pada paragraf pertama, FIFA menjelaskan bahwa hak INdonesia sebagai tuan rumah telah hapur karena kondisi saat ini. FIFA juga menambahkan bahwa tuan rumah baru akan segera diumumkan dengan tanggal turnamen yang sama. Dilanjutkan juga, bahwa PSSI kemungkinan akan mendapatkan sanksi. 

Di paragraf kedua, FIFA ingin menegaskan bawah keputusan menghapus  Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tidak merubah komitmen yang sudah terjalin. FIFA menjelaskan akan terus bekerjasama dengan PSSI dan Presiden Jokowi untuk transformasi sepakbola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan. 

Di paragraf ketiga, tidak menyinggung masalah apapun. FIFA hanya mengatakan bahwa pertemuan Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk melakukan  pembahasan lebih lanjut akan segera dijadwalkan dalam waktu dekat 

Perjuangan Terakhir PSSI

Piala Dunia U20 Batal
Perjuangan Terakhir PSSI

Sebelum keputusan FIFA mengatakan Piala Dunia U20 batal dilaksanakan di Indonesia, Pemerintah Indonesia dan PSSI sempat melakukan perjuangan terakhir. PSSI yang diwakilkan oleh Erick Thohir sebagai ketua umum terbang ke Qatar untuk melakukan komunikasi langsung dengan Presiden FIFA demi kepastian Piala Dunia U20. 

Pada beberapa hari sebelumnya, drawing yang batal karena isu penolakan Timnas Israel membuat wacana Piala Dunia U20 batal marak terdengar. Presiden Jokowi pun menyampaikan pernyataan untuk menenangkan situasi bahwa Pemerintah Indonesia menaati peraturan FIFA yang menyatakan Israel tetap boleh datang karena lolos melalui jalur resmi. 

Dalam penyampaiannya tersebut, Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina. Presiden Jokowi juga menegaskan akan mengirim Erick Thohir untuk melakukan komunikasi langsung dengan Presiden FIFA. 

Baca Juga: Hasil Indonesia vs Burundi: Bermain Imbang 2-2, Peringkat Skuad Garuda Naik ke 150

Sayangnya, komunikasi Erick Thohir dengan Presiden FIFA tidak berjalan sesuai rencana. FIFA tetap berpegang teguh pada pendiriannya sehingga tidak mentolerir apa yang sedang terjadi di Indonesia. Erick Thohir pun meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap menegakkan kepala. 

Share.

Leave A Reply