Sebuah kabar baik disampaikan oleh ketua umum PSSI Erick Thohir. Ketua Umum PSSI tersebut mengatakan bahwa proses perpindahan  Shayne Pattynama KNVB ke PSSI telah usai. Dengan begitu, pemain yang sedang merumput di Liga Norwegia tersebut bisa membela timnas di FIFA Matchday mendatang. 

Baca Juga: Hasil Uji Coba SEA Games Mengecewakan, Timnas Indonesia U22 Tuai Kritik

Di FIFA Matchday saat melawan Burundi, nama Shayne kembali mencuat karena digadang-gadang akan memperkuat skuad Garuda. Namun ternyata, proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI belum usai sehingga sang pemain belum bisa bermain untuk timnas Indonesia. 

Shayne Pattynama Resmi Pindah Federasi

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama Resmi Pindah Federasi

Shayne Pattynama merupakan salah satu nama dari 3 pemain naturalisasi yang gencar diberitakan. Mereka adalah Shayne, Sandy Walsh dan Jordi Amat. Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menyatakan sumpah pada November 2022 sedangkan Shayne baru bersumpah ada Januari 2023. 

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah tuntas sehingga keduanya sudah bisa membela timnas. Sedangkan Shayne, masih terhalang proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI. Oleh karena itu, Shayne gagal memperkuat timnas Indonesia melawan Burundi meskipun dipanggil oleh Shin Tae Yong. 

Mengenal Shayne Pattynama

Shayne Pattynama
Mengenal Shayne Pattynama

Shayne Pattynama merupakan pemain sepak bola profesional yang lahir pada 11 Agustus tahun 1998. Dengan kata lain, di tahun 24 ini Shayne baru menginjak usai 24 tahun. Shayne memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Semarang Jawa Tengah. 

Baca Juga: Intip Persiapan Timnas Indonesia U22 Jelang SEA Games 2023

Saat ini, Shayne bermain untuk salah satu klub di Liga Norwegia yaitu Viking FK. Shayne sering ditempatkan di posisi sebagai bek sayap kiri. Walaupun begitu, Shayne dinilai sebagai pemain serba bisa karena bisa juga bermain sebagai gelandang tengah. 

Share.

Leave A Reply