Witan Sulaeman melakukan kesalahan fatal dalam pertandingan melawan Thailand si Gelora Bung Karno. Dalam posisi sendirian bebas dari penjagaan pemain Thailand, Witan gagal mencetak gol ke gawang kosong yang sudah ditinggalkan kiper. Peluang yang seharusnya 99% gol tersebut, justru keluar lapangan begitu saja tanpa menghasilkan apapun bagi Indonesia. 

Baca juga : Sang Legenda Dunia Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Kesalahan ini pun membuat sang pemain langsung berlutut di lapangan karena kesalahn fatalnya tersebut. Bahkan sang pelatih Indonesia Shin Tae Yong tidak bisa menyembunyikan kekecawaannya di pinggir lapangan. Shin Tae Yong terlihat langsung bertekuk lutut melihat Witan yang gagal mencetak gol ke gawang Thailand. 

Witan Sulaeman Gagal Cetak Gol

Witan Sulaeman Gagal Cetak Gol
Witan Sulaeman Gagal Cetak Gol

Di menit 39, Indonesia melakukan serangan balik melalui umpan panjang Marc Klok usai menyapu serangan Thailand. Pemain Thailand terlanjur maju ke tengah sehingga sang kiper Kittipong Phuthawchueak maju cukup jauh hingga meninggalkan kotak penalti untuk mengamankan bola sapuan Marc Klok. 

Melihat bola sapuan Marc Klok tersebut, Witan Sulaeman berlari melakukan pressing ketat kepada kiper. Akhirnya, Kittipong Phuthawchueak melakukan kesalahan passing di mana Witan berhasil mencuri bola. Witan pun berhasil melewati Kiper Thailand yang menjadi pemain terakhir di pertahanan Thailand. 

Witan Sulaeman berdiri sangat bebas tanpa penjagaan siapapun dan berhadapan dengan gawang kosong. Tentu saja peluang ini harusnya memiliki kemungkinan gol mencapai 99%. Namun sayangnya, tembakan Witan ternyata tidak mengarah ke gawang kosong tersebut melainkan keluar lapangan. 

Tentu saja ini merupakan kesalahan yang sangat fatal di mana Indonesia harusnya bisa unggul lebih dulu. Bahkan, komentator pertandingan pun tidak percaya dengan kesalahan yang dilakukan oleh Witan. Beberapa komentator dari negara lain seperti Korea juga mengatakan sangat tidak mempercayai kesalahan tersebut. 

Sebenarnya, di pertandingan lain Piala AFF, Witan juga pernah gagal mencetak gol. Saat itu, Witan juga berhasil memotong jalur bola lawan sehingga berhasil melakukan serangan balik cepat. Witan pun berhadapan satu lawan satu dengan kiper, namun sepakannya melebar ke sisi gawang. 

Kesalahan Pemain Timnas Indonesia

Kesalahan Pemain Timnas Indonesia
Kesalahan Pemain Timnas Indonesia

Kesalahan Witan Sulaeman gagal mencetak gol saat melawan Thailand bukanlah satu-satunya yang terjadi di Timna Indonesia pada gelaran Piala AFF. Di pertandingan sebelumnya melawan Brunei, Indonesia juga memiliki peluang yang kemungkinan gol mencapai 99% namun gagal. 

Saat melawan Brunei, Hansamu Yama mendapatkan umpan cantik dari Asnawi tepat di mulut gawang. Jarak bola dengan garis gawang hanya 1 meter tanpa ada penjagaan apapun. Kiper Brunei sudah mati langkah di tiang dekat sehingga bola tersebut harusnya bisa masuk dengan sangat mudah.

Baca juga : Berikan Penalti Gaib Dalam Pertandingan Vietnam vs Malaysia, Wasit Ryuji Sato Jadi Sorotan

Namun ajaibnya, sepakan Hansumu Yama malah melambung tinggi ke atas. Tentu saja kegagalan ini sangat tidak masuk akal mengingat menyontek bola ke dalam gawang jauh lebih mudah daripada membuatnya melambung tinggi. Kegagalan Hansamu Yama ini pun mendapatkan sorotan dari berbagai media asing. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version