Unai Emery atau yang sering dijuluki Good Ebening membuat Aston Villa berubah di musim 22/23 ini. Di awal musim, Aston Villa berada di zona degradasi di bawah asuhan Steven Gerrard. Unai Emery pun ditunjuk untuk menggantikan posisi Gerrard di kursi kepelatihan. Secara menakjubkan, Aston Villa langsung melesat tinggi dari zona degradasi ke zona Eropa. 

Baca Juga: Kandidat Pelatih Anyar Chelsea untuk Gantikan Lampard

Emery memang terkenal pelatih yang cukup baik sehingga pernah dipinang oleh Arsenal. Sayangnya, Emery tidak bisa memberikan hasil yang baik bagi Arsenal sehingga kandas di tengah jalan. Satu-satunya yang teringat dari Emery saat melatih Arsenal yaitu sapaannya Good Ebening. Oleh karena itu, Unai Emery sering dikenal juga sebagai Good Ebening. 

Kinerja Unai Emery di Aston Villa

Unai Emery
Kinerja Unai Emery di Aston Villa

Unai Emery ditunjuk sebagai pelatih Aston Villa pada Oktober 2022 silam menggantikan Steven Gerrad. Di tangan pelatih baru, Aston Villa yang memiliki komposisi pemain yang cukup baik langsung bisa bersaing di klasemen. Dari awalnya yang berada di zona degradasi, Aston Villa saat ini bersaing di papan atas klasemen. 

Pertama kali melatih, Aston Villa berada di peringkat ke-17. Emery pun langsung dihadapi oleh pertandingan sulit melawan Man United. Namun, Emery mampu memberikan hasil baik dengan mengamankan 3 poin usai mengalahkan Man United dengan skor akhir 3-1. 

Emery juga berhasil memberikan beberapa rekor baru untuk Aston Villa. Di mana, Aston Villa menjadi tim pertama yang mampu selalu mencetak gol dalam 20 pertandingan beruntung di Premier League. Aston Villa juga mampu mencatatkan 10 pertandingan terakhir tanpa terkalahkan. 

Berkat raihan-raihan ini, Emery dijuluki pesulap karena membawa perubahan yang sangat baik untuk Aston Villa. Saat ini, Emery tercatat sudah memainkan 22 laga bersama Aston Villa. Dari 22 laga tersebut, 13 berhasil meraih kemenangan, 3 imbang dan 6 kalah.

Berpeluang Masuk Liga Champions

Unai Emery
Berpeluang Masuk Liga Champions

Tidak hanya membawa Aston Villa keluar dari jurang degradasi, Unai Emery juga membawa ASton Villa bersaing di zona Eropa. Saat ini, Aston Villa duduk di peringkat ke-5 dengan kolks 54 poin. Jika posisi in bertahan hingga akhir musim, maka Aston Villa akan berkompetisi di Europa League pada musim 23/24. 

Namun, posisi klasemen Liga Inggris saat ini masih bisa berubah mengingat masih ada 5 pertandingan tersisa. Bahkan, Aston Villa bisa saja masuk ke  zona Liga Champions jika berhasil menyapu  bersih 5 pertandingan terakhir. Namun ada syaratnya yaitu Newcastle atau Man United harus menelan 2 kekalahan dalam 5 pertandingan terakhir. 

Baca Juga: Kalah 6-1 Dari Newcastle, Tottenham Suram Hingga Pecat Sang Pelatih

Saat ini, peringkat ke-3 dan ke-4 di duduki oleh Newcastle dan Man United dengan koleksi 59 poin. Dengan kata lain, Aston Villa hanya berjarak 4 poin saja dari peringkat ke-3 dan ke-4. Jika salah satu dari keduanya menelan kekalahan dan hasil imbang di pertandingan tersisa, maka Aston Villa berkesempatan untuk merebutnya. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version