Di leg kedua semifinal Piala AFF, Thailand yang bermain di kandang sendiri menumbangkan Malaysia dengan skor telak 3 gol tanpa balas. Dengan 3 gol ini, Thailand unggul agregat karena Malaysia hanya mampu mencetak 1 gol di leg pertama. Kemenangan ini pun membuat Thailand lolos ke final Piala AFF.

Baca juga : Shin Tae Yong Kecewa, Indonesia Buang-buang Peluang Terlalu Banyak

Dengan Thailand lolos ke final Piala AFF ini, maka nanti akan berjumpa Vietnam. Vietnam lebih dulu memastikan diri di final usai menaklukkan Indonesia dengan skor 2-0. Pertemuan keduanya akan terjadi dalam dua leg pada tanggal 13 dan 16 Januari. Vietnam akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu, setelah itu Thailand di leg kedua. 

Thailand Lolos ke Final Piala AFF

Thailand Lolos ke Final Piala AFF
Thailand Lolos ke Final Piala AFF

Di pertandingan kali ini, Thailand menguasai jalannya pertandingan. Thailand memiliki 63% penguasan bola sedangkan Malaysia hanya 37% saja. Tidak hanya itu, Thailand berhasil melepaskan 15 tembakan dan 7 di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Malaysia hanya melepaskan 3 tembakan saja. 

Penasaran bagaimana jalannya pertandingan saat Malaysia kalah sehingga Thailand lolos ke final Piala AFF? Simak ulasan singkatnya di bawah ini. 

Jalannya Pertandingan

Jalannya Pertandingan
Jalannya Pertandingan

Thailand berhasil membuka keunggulan di menit ke-19 melalui Teerasil Dangda. Gol bermula saat Thailand dengan perlahan membangun serangan. Bola kemudian disodorkan ke Theerathon BUnmathan di sisi kiri lapangan. Theerathon Bunmathan lalu melepaskan crossing ke depan gawang dan berhasil disundul oleh Teerasil Dangda. Sundulan Teerasil Dangda pun bersarang dengan baik di dalam gawang Malaysia. 

Thailand berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-55 melalui Bordin Phala. Bermula saat Ekanit Panya mendapatkan bola di dalam kotak penalti lalu menggiring bola lebih dalam. Ekanit Panya lalu memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti dan disambut Bordin Phala dengan tembakannya. Bola meluncur deras ke gawang tanpa bisa dihalau oleh Syihan Hazmi. 

Di menit ke-71, Thailand memperlebar jarak menjadi 3-0 melalui Adisak Kraisorn. Gol bermula saat Adisak Kraisorn menyambar crossing datar dari sisi kanan. Namun bola masih membentur tiang dan langsung dilanjutkan kembali oleh Adisak Kraisorn. Syihan Hazmi yang telah terjatuh di penyelamatan pertama tidak mampu memblokir tembakan susulan dari Adisak Kraisorn. 

Baca juga : Hasil Vietnam Vs Indonesia: Tim Garuda Gagal ke Final Piala AFF Usai Tumbang 2-0

Malaysia yang mencoba mencari gol gagal keluar dari tekanan Thailand. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan telah berakhir, Malaysia tidak juga berhasil mencetak satupun gol. Dengan hasil 3 gol tanpa balas ini, Thailand lolos ke final Piala AFF. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version