Pertandingan Ajax vs Marseille di fase grup Europa League berlangsung sangat sengit. Selama 90 menit pertandingan, kedua tim saling balas gol yang akhirnya menciptakan 6 gol. Pertandingan Ajax vs Marseille terpaksa diakhiri dengan skor imbang sama kuat 3-3. 

Baca juga: Dramatis! Pertandingan Atletico Madrid vs Lazio Berakhir Imbang 1-1

Hasil imbag ini membuat Ajax dan Marseille harus rela berbagi poin di klasemen grup B Europa League musim 23/24. Klasemen grup B ini dipimpin oleh AEK Athena yang berhasil menumbangkan tim kuda hitam Liga Inggris yaitu Brighton. Hal ini membuat peta persaingan di grup B diprediksi akan sengit. 

Jalannya Pertandingan Ajax vs Marseille

Dalam pertandingan ini, Marseille terlihat lebih banyak menciptakan peluang dibandingkan Ajax Amsterdam. Tercatat, Marseille mampu melepaskan 25 kali tembakan dan 12 di anaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Ajax Amsterdam hanya melepaskan 13 kali tembakan dan 5 di antaranya tepat sasaran.

Penasaran bagaimana jalannya pertandingan seru antara Ajax vs Marseille tersebut? Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Ajax vs Marseille. 

Babak Pertama

Saat pertandingan baru berjalan 9 menit, Ajax Amsterdam berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui Carlos Forbs. Bermula dari sebuah serangan balik yang cepat, Carlos Forbs menyerang sendirian. Beberapa pemain Marseille terlihat mencoba mengejar Carlos Forbs, tetapi tidak berhasil. Carlos Forbs pun berhasil masuk ke kotak penalti dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Dengan tenang, Carlos Forbs mengeksekusi peluang menjadi sebuah gol. 

Ajax Amsterdam berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-20 melalui Steven Berghuis. Gol bermula dari skema tembakan bebas yang diumpan pendek ke Borna Sosa. Borna Sosa lalu melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti yang tidak dihalau oleh pemain Marseille. Bola tepat mengarah ke Steven Berghuis yang berdiri bebas lalu disambut dengan tembakan voli. Bola meluncur deras ke arah gawang tanpa bisa dihentikan oleh kiper. 

Marseille berhasil memperkecil ketertinggalan 3 menit kemudian melalui aksi Jonathan Clauss. Bermula dari Amine Harit yang bergerak di sisi kanan menyodorkan bola ke Jonathan Clauss yang berdiri di depan kotak penalti. Menerima umpan, Jonathan Clauss dengan sangat baik menusuk ke dalam kotak penalti melewati 2 pemain sekaligus. Dari sudut yang cukup sempit, Jonathan Clauss melepaskan tembakan yang berbuah gol. 

Aubameyang berhasil membawa Marseille menyamakan kedudukan di menit ke-38. Bermula dari Amine Harit yang menggiring bola mendekati kotak penalti lalu menyodorkan ke sisi kanan di mana Aubameyang berdiri bebas. Sembari menjatuhkan diri, Aubameyang melepaskan sebuah tembakan mendatar ke arah pojk tiang dekat. Jay Gorter mencoba untuk menepis tembakan tersebut, tetapi gagal. 

Babak Kedua

Di menit ke-52, Ajax Amsterdam berhasil kembali unggul menjadi 3-2 berkat gol dari Kenneth Taylor. Gol bermula saat Carlos Forbs mendapatkan sodoran bola di sisi kanan lapangan yang kemudian melepaskan sebuah umpan tarik di dalam kotak penalti.. Dengan posisi yang sangat bebas, Kenneth Taylor menyambut umpan tarik dari Carlos Forbs dengan sontekan keras. Bola meluncur ke gawang sehingga berbuah gol untuk Ajax Amsterdam. 

Ajax nyaris saja memperbesar jarak menjadi 4-2 di menit ke-67. Bermula saat Brian Brobbey sendirian menusuk ke dalam kotak penalti lalu melepaskan umpan tarik mendatar ke tengah kotak penalti. Steven Bergwijn yang berada di tengah kotak penalti dan berhadapan langsung dengan kiper menyambut umpan tersebut dengan tembakan cukup keras. Namun sayangnya, bola berhasil ditepis oleh kiper Marseille sehingga gagal berbuah gol. 

Aubameyang kembali mampu mencetak gol di menit ke-73 sehingga menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Bermula saat Aubameyang yang bergerak di sisi kiri kotak penalti mendapatkan sodoran bola dari Jordan Veretout. Aubameyang kemudian mengontrol bola mencari ruang tembak yang tepat. Meski dihalangi oleh beberapa pemain bertahan Ajax, Aubameyang mampu melepaskan tembakan yang berbuah gol. 

Baca juga: Liga Champions: Pertandingan AC Milan vs Newcastle Berakhir 0-0

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda pertandingan Ajax vs Marseille telah selesai. Tidak ada lagi gol yang tersisa sehingga pertandingan Ajax vs Marseille pun diakhiri dengan skor sama kuat 3-3. Hasil ini membuat Ajax dan Marseille harus berbagi poin di klasemen grup B Europa League musim 23/24. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version