Sebuah kabar cukup mengejutkan datang dari Serie A. Bukan perkara 4 tim Serie A tampil di semifinal Europa League dan Champions League, melainkan sanksi Juventus telah dicabut. Kabar ini mencuat pada Kamis (20/4/23) malam WIB. Dalam persidangan di Collegio selama 3 jam, jaksa CONI Ugo Taucer memutuskan hukuman pengurangan 15 poin Juventus tidak lagi berlaku. 

Baca Juga: Terbukti Memanipulasi Nilai Transfer Pemain, Juventus Kena Hukuman Pengurangan 15 Poin

Sebelumnya, Juventus disanksi karena kasus manipulasi transfer sehingga kehilangan 15 poin. Saat ini, 15 poin tersebut dikembalikan sehingga Si Nyonya Tua melesat ke peringkat 3. Hal ini membuat Juventus yang sebelumnya terdampar di peringkat ke-7 berhasil menggeser AS Roma. Serigala Ibukota pun harus waspada karena posisinya bisa saja direbut tim lain jika terpeleset. 

Sanksi Juventus Dicabut

Sanksi Juventus
Sanksi Juventus Dicabut

Pada Januari silam, sanksi Juventus dijatuhkan karena kasus plusvalenza atau rekayasa nilai transfer pemain. Sanksi Juventus ini berupa pengurangan sebanyak 15 poin sehingga membuat Si Nyonya Tua yang awalnya berada di peringkat ke-2 terlempar ke papan tengah. Juventus pun tidak terima dengan sanksi ini sehingga melakukan banding ke CONI. 

CONI akhirnya memutuskan bahwa pengurangan poin Juventus tidak lagi berlaku. Hal ini karena FIGC tidak dapat memberikan bukti yang bisa membantah banding yang diajukan oleh Juventus. Juventus pun akhirnya mendapatkan kembali 15 poin yang sebelumnya di potong. 

Persaingan 4 Besar Semakin Sengit

Sanksi Juventus
Persaingan 4 Besar Semakin Sengit

Dengan dicabutnya sanksi Juventus, maka persaingan di 4 besar Serie A semakin ketat. Saat ini, Juventus berhasil menggeser AS Roma dari peringkat ke-3 klasemne sementara dengan koleksi 59 poin. Di sisi lain, AS Roma baru mengoleksi 56 poin atau terpaut 3 poin. Sedangkan Napoli, masih unggul jauh di puncak klasemen dengan koleksi 75 poin.

Baca Juga: Hasil Juventus vs Sporting Lisbon: Si Nyonya Tua Menang Tipis 1-0

Serie A yang menyisakan 8 pertandingan menuntut setiap tim harus lebih waspada agar tidak kehilangan poin. AS Roma yang menargetkan posisi 4 besar Serie A tidak boleh lagi kehilangan poin. Pasalnya, ada AC Milan yang siap menggesernya dengan selisih 3 poin saja. Di sisi lain, Lazio dan Juventus yang hanya berjarak 2 poin akan saling berebut posisi kedua. 

Share.

Leave A Reply