Pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon di leg pertama perempat final EUROPA League berhasil dimenangkan oleh Si Nyonya Tua. Kemenangan Juventus ini berkat gol semata wayang Federico Gatti  di menit ke-73. Sebenarnya, Sporting Lisbon lebih banyak menciptakan peluang dibandingkan Juventus. Namun sayangnya, tidak ada satu peluang pun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Baca Juga: Hasil Real Madrid vs Chelsea: Los Blancos Menang 2-0

Kemenangan tipis 1-0 atas Sporting Lisbon ini membuat kesempatan Juventus melangkah ke semifinal cukup terbuka lebar. Akan tetapi, ini belum membuat Juventus aman. Pasalnya, Sporting Lisbon bisa saja membalikkan keadaan di leg kedua mengingat pertandingan akan dilakukan di markas raksasa Portugal tersebut. Ditambah lagi Juventus hanya mampu menang tipis yang bisa saja dibalas oleh Sporting Lisbon. 

Jalannya Pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon

Juventus vs Sporting Lisbon
Jalannya Pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon

Jika melihat statistik pertandingan, Sporting Lisbon terlihat lebih banyak memiliki peluang. Sporting Lisbon memiliki 59% penguasaan bola sedangkan Juventus hanya 41% penguasan bola. Selain itu, Juventus hanya mampu melepaskan 9 tembakan sedangkan Sporting Lisbon melepaskan 15 tembakan. 

Lantas bagaimanakah jalannya pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon tersebut? Jangan khawatir, karena di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon. 

Babak Pertama

Juventus nyaris saja membuka keunggulan di menit ke-12 melalui tendangan Federico Chiesa. Bermula saat Angel Di Maria melepaskan umpan panjang langsung ke dalam kotak penalti. Bola jatuh tepat di kaki Federico Chiesa yang berada di dalam kotak penalti. Mendapatkan kawalan dari dua pemain Sporting Lisbon, Federico Chiesa berhasil melepaskan tembakan keras ke gawang. Sayangnya, tembakan Federico Chiesa berhasil diblokir oleh penjaga gawang. 

Kini giliran Sporting Lisbon yang mendapatkan peluang berbahaya di menit ke-20. Bermula saat umpan silang dari sisi kiri lapangan berhasil dipatahkan pemain bertahan Juventus. Bola muntah bergulir di depan kotak penalti lalu dimanfaatkan oleh Hidemasa Morita. Sayangnya, tembakkan keras Hidemasa Morita dari depan kotak penalti masih sedikit melenceng dari sasaran. 

Sporting Lisbon kembali mengancam gawang yang dikawał oleh Wojciech Szczęsny di menit ke-30. Bermula saat Sporting Lisbon melancarkan serangan dari sisi kiri pertahanan Juventus. Ricardo Esgaio yang mendapatkan umpan terobosan melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti. Bola mengarah tepat ke kaki Pedro Goncalves. Dengan dua sentuhan, Pedro Goncalves melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Namun, Wojciech Szczęsny berhasil menepisnya keluar lapangan. 

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Sporting Lisbon kembali mengancam gawang Juventus. Pedro Goncalves dari sisi kiri lapangan bergerak ke depan kotak penalti. Pedro Goncalves lalu melepaskan tembakan keras ke arah tiang jauh. Namun sayangnya, tembakan Pedro Goncalves berhasil ditepis oleh penjaga gawang Juventus. Sporting Lisbon pun hanya mendapatkan hadiah tembakan pojok. 

Di menit ke-73, Juventus justru berhasil membuka keunggulan melalui Federico Gatti. Bermula dari skema tembakan pojok yang berhasil ditanduk oleh Dusan Vlahovic di tiang jauh. Bola mengarah ke gawang namun berhasil diblokir oleh dua pemain Sporting Lisbon. Namun, Federico Gatti yang berdiri tepat di mulut gawang dengan sigap menyambar bola yang coba disapu oleh pemain Sporting Lisbon. Bola pun masuk ke dalam gawang dan berbuah gol untuk Juventus. 

Di injury time, Mattia Perin yang menggantikan Wojciech Szczęsny melakukan dua kali penyelamatan krusial. Bermula saat Pedro Goncalves menyambar umpan silang tepat di depan gawang namun berhasil diblokir oleh Mattia Perin. Bola muntah dilanjutkan oleh Héctor Bellerín dari jarak yang sangat dekat. Namun, Mattia Perin dengan sigap menerjang untuk memblokir bola. Sporting Lisbon pun gagal menyamakan kedudukan di menit-menit akhir. 

Baca Juga: Hasil AC Milan vs Napoli: I Rossoneri Menang Tipis 1-0

Tidak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon telah usai. Hingga pertandingan Juventus vs Sporting Lisbon berakhir, skor 1-0 pun tetap bertahan hingga kemenangan berhasil diraih oleh tim tuan rumah. Juventus hanya perlu bermain imbang di leg kedua yang akan dimainkan di markas Sporting Lisbon jika ingin melangkahkan kaki ke semifinal EUROPA League. 

Share.

Leave A Reply