Indonesia U22 akan menghadapi laga terakhir melawan Kamboja di fase grup A SEA Games. Lantas bagaimanakah persiapan timnas Indonesia U22 jelang menghadapi tuan rumah Kamboja ini? Jika Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja, dipastikan skuad Garuda Muda akan lolos ke semifinal SEA Games dengan status sebagai juara grup. 

Baca Juga: Prediksi Indonesia vs Kamboja di SEA Games 2023, Skuad Garuda Sapu Bersih?

Jelang laga melawan tuan rumah Kamboja ini, Indra Sjafri selaku pelatih mengisyaratkan akan melakukan perombakan. Pasalnya, skuad Garuda Muda sudah dipastikan lolos ke semifinal. Dengan begitu, pemain-pemain yang kurang mendapatkan menit bermain bisa ikut serta. Tidak hanya itu, pemain yang sering bermain juga bisa beristirahat demi persiapan di semifinal nanti. 

Persiapan Timnas Indonesia U22

Persiapan Timnas Indonesia U22
Persiapan Timnas Indonesia U22

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelatih kepala timnas U22 Indra Sjafri mengatakan akan melakukan rotasi. Ini menjadi salah satu persiapan timnas Indonesia U22 jelang laga melawan tuan rumah Kamboja. Dengan melakukan rotasi,  maka para pemain yang sudah terlalu sering bermain bisa mendapatkan istirahat yang lebih sehingga lebih siap di laga semifinal nantinya. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Indra Sjafri secara langsung usai pertandingan melawan Timor Leste. Indra Sjafri menyebutkan bahwa di pertandingan keempat nanti akan merombak semua tim. Dia berharap para pemainnya bisa beristirahat selama 1 minggu sebelum semifinal dimulai. 

Selain Indra Sjafri, Rizky Ridho selaku kapten juga mengungkap persiapan timnas Indonesia U22 jelang melawan tuan rumah Kamboja. Rizky Ridho mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekan lebih fokus memikirkan persiapan tim sendiri. Pemain yang baru saja didatangkan oleh Persija tersebut optimis rekan-rekannya bisa mengamankan kemenangan di partai keempat ini.

Rizky Ridho juga menyebutkan bahwa 3 kemenangan beruntun membuat timnya sangat percaya diri. Tidak hanya itu, para pemain akan semakin semangat mengingat pertandingan keempat ini akan dihadiri oleh puluhan ribu penonton. Walaupun begitu, Rizky Ridho juga mengatakan timnya juga selalu melakukan introspeksi. 

Kamboja Akan Bermain Habis-habisan

Persiapan Timnas Indonesia U22
Kamboja Akan Bermain Habis-habisan

Di laga pamungkas pada Rabu (10/5/2023) tim tuan rumah Kamboja akan bermain habis-habisan. Pasalnya, pertandingan melawan Indonesia merupakan pertandingan hidup mati Kamboja di SEA Games 2023. Kamboja membutuhkan kemenangan atas Indonesia jika ingin melangkahkan kaki ke semifinal SEA Games 2023. 

Namun, nasib Kamboja akan ditentukan pada laga Filipina vs Myanmar yang berlangsung lebih dulu. Apabila Myanmar berhasil mengalahkan Filipina, maka Myanmar akan lolos ke semifinal. Dengan begitu, laga Indonesia tidak ada artinya terlepas dari apapun hasilnya. 

Jika Myanmar tumbang dari Filipina, maka Kamboja masih memiliki kesempatan. Namun, Kamboja wajib mengalahkan timnas Indonesia U 22. Jika  laga Indonesia vs Kamboja berakhir imbang, maka Myanmar lah yang melaju ke semifinal SEA Games. 

Jadi, para punggawa timnas Indonesia kemungkinan akan menghadapi pemain-pemain Kamboja yang kemungkinan akan bermain dengan semangat yang lebih membara. Ditambah lagi pertandingan ini akan dipenuhi oleh suporter tuan rumah. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus siap mental agar tidak terpengaruh oleh dukungan puluhan ribu  suporter Kamboja. 

Baca Juga: Indonesia U22 ke Semifinal Usai Kalahkan Timor Leste

Nah, itulah dia persiapan timnas Indonesia U22 jelang laga melawan tuan rumah Kamboja. Semoga skuad Garuda Muda mampu terus memetik hasil baik di SEA Games 2023 ini dan membawa pulang medali emas ke tanah air ini. Mari sama-sama kita mendoakan hasil  terbaik untuk skuad Garuda Muda. 

Share.

Leave A Reply