Pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22 di final SEA Games 2023 berjalan sengit. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh dipenuhi belasan kartu kuning dan sejumlah kartu merah. Indonesia harus kehilangan 1 pemain karena kartu merah. Di sisi Thailand, harus kehilangan 3 pemain di akhir-akhir pertandingan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Indonesia U22.

Baca Juga: Raih 87 Emas, Indonesia Capai Target di SEA Games

Terjadi sebuah drama yang sangat unik di penghujung babak kedua. Di mana, pemain dan official tim Indonesia U22 salah mendengar peluit dari wasit. Pemain dan official Indonesia sudah merayakan kemenangan karena mengira pertandingan telah usai. Ternyata wasit hanya meniup peluit tanda terjadi pelanggaran sehingga meminta pemain ke tempatnya. Dalam kondisi kebingungan, Thailand langsung memanfaatkanya menjad gol untuk menyeimbangkan kedudukan. 

Jalannya Pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22

Indonesia U22 vs Thailand U22
Jalannya Pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22

Penasaran bagaimananya panasnya pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22 di final SEA Games 2023? Di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22 di final SEA Games 2023. 

Waktu Normal

Ramadhan Sanantha berhasil membuka keunggulan Indonesia di menit ke-21. Gol dari lemparan ke dalam yang dilakukan oleh Alfeandra Dewangga ke dalam kotak penalti. Ramadhan Sanantha yang sudah menunggu di dalam kotak penalti, menanduk bola lemparan Dewangga. Bola tandukan Ramadhan Sanantha mengarah ke gawang lalu mengenai pemain Thailand yang membuat bola masuk ke dalam awang. 

Sebelum babak pertama berakhir, Ramadhan Sanantha kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari bola drop ball di depan gawang indonesia yang ditendang oleh Rizky Ridho. Bola mengarah jauh langsung ke depan kotak penalti Thailand. Ramadan Sanantha berhasil memenangkan duel dengan 2 pemain Thailand dan melakukan tembakan spekulasi. Bola melambung tinggi lalu jatuh di dalam gawang Thailand.

Thailand berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-65 melalui skema tembakan pojok. Anan Yodsangwal yang tidak mendapatkan gangguan di dalam kotak penalti mampu melakukan tandukan dengan baik dari umpan sepakan pojok. Ernando Ari yang mengawal gawang Indonesia U22 hanya bisa terdiam melihat gawangnya kebobolan. 

Saat pertandingan menyisakan beberapa detik, Thailand U22 berhasil menyamakan kedudukan. Bermula saat para pemain Indonesia yang kebingungan karena mengira pertandingan telah usai. Wasit ternyata hanya meniup peluit tanda pelanggaran lalu menyuruh semua pemain Indonesia kembali ke posisinya. Dalam keadaan kebingungan, Yotsangkorn Burapha berhasil mencetak gol dan memaksa pertandingan berlanjut ke babak extra time. 

Extra Time

Babak extra time baru berjalan 1 menit, Indonesia U22 langsung berhasil merobek gawang Thailand melalui kaki Irfan Jauhari. Bermula saat pemain Thailand salah dalam mengontrol bola sehingga bola terlepas di depan kotak penalti. Irfan Jauhari merebut bola dan masuk ke sisi kiri kotak penalti. Irfan Jauhari yang melihat penjaga gawang maju langsung melakukan chip sehingga bola melewati kepada kiipe dan berbuah gol. 

Usai terjadinya gol ini, terjadi keributan di pinggir lapangan antara kedua kesebelasan. Terjadi baku hantam bahkan wajah asisten pelatih Indonesia terlihat memar karena mendapatkan pukulan. Hasilnya, wasit mengeluarkan banyak kartu merah dalam insiden ini. Komang dan kiper Thailand harus keluar lebih dulu karena terlibat baku hantam. 

Indonesia menambah keunggulan menjadi 4-2 di menit ke-106 melalui tembakan Fajar Faturrahman. Bermula dari pergerakan cepat Rio Fahmi menusuk ke dalam kotak penalti. Tidak mendapatkan ruang, Rio Fahmi menyodorkan bola ke Fajar Faturrahman di luar kotak penalti. Fajar Fathurrahman lalu menyambutnya dengan tembakan keras yang berbuah gol. 

Giliran Beckham Putra yang mencatatkan namanya di papan skor di penghujung pertandingan. Memanfaatkan bola rebound, Beckham mengontrol bola dengan baik mengecoh pemain Thailand. Bekcham lalu melepaskan tembakan ke arah gawang dan berbuah gol. 

Baca Juga: Regulasi Baru Liga 1 Akan Diterapkan di Musim 22/23

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22 di final SEA Games 2023 telah berakhir. Tidak ada tambahan gol sehingga pertandingan Indonesia U22 vs Thailand U22 berakhir dengan skor 5-2. Indonesia akhirnya menyudahi penantian panjang selama 32 tahun untuk meraih emas SEA Games

Share.

Leave A Reply