Persiapan musim baru, PT LIB sudah merilis regulasi baru Liga 1. Terdapat beberapa perubahan besar di regulasi baru Liga 1 ini. Salah satunya yaitu penambahan kuota pemain asing yang bisa dimiliki oleh setiap tim peserta Liga 1. Lantas berapa kuota pemain asing di regulasi terbaru tersebut?

Baca Juga: Hasil Drawing Piala Asia: Indonesia Dapat Lawan yang Cukup Sulit

Selain itu, terjadi perubahan format Liga untuk musim 22/23. Di musim depan, tidak akan menggunakan format seperti sebelumnya. Secara garis besar format terbaru ini disebut reguler series dan championship series. 

Regulasi Baru Liga 1

Regulasi Baru Liga 1
Regulasi Baru Liga 1

Di musim sebelumnya, tim-tim Liga 1 hanya diperbolehkan memiliki kuota pemain asing 3+1. Yang artinya, 3 pemain boleh dari negara manapun dan 1 pemain merupakn pemain ASIA. Di regulasi baru Liga 1, kuota pemain asing menjadi 5+1 yaitu 5 pemain asing bebas dan 1 pemain ASEAN

Tidak hanya itu, dengan kuota penambahan ini PT LIB juga tidak menerapkan batasan dalam setiap pertandingan. Jadi, 6 pemain asing yang dimiliki tim-tim Liga 1 bisa diturunkan secara bersamaan di setiap pertandingan. Hal ini akan membuat tim-tim Liga 1 akan lebih leluasa meracik permainan. 

Selain penambahan kuota pemain asing, PT LIB juga memberikan regulasi baru yaitu pemain U23. Jadi, setiap tim Liga 1 wajib memainkan minimal 1 pemain berusia di bawah 23 tahun. Tidak hanya itu, pemain U23 wajib diturunkan sebagai starter  dan bermain minimal 45 menit. 

Format Baru Liga 1

Regulasi Baru Liga 1
Format Baru Liga 1

Liga 1 musim 22/23 juga akan menggunakan format baru yang disebut sebagai reguler series dan championship series. Jadi, 18 peserta Liga 1 akan melakukan pertandingan kandang dan tandang dalam 34 pekan. Ini disebut sebagai reguler series. 

Baca Juga: Raih 87 Emas, Indonesia Capai Target di SEA Games

Setelah itu, tim yang duduk di posisi pertama hingga keempat akan masuk ke championship series untuk memperebutkan gelar juara. Di championship series ini menggunakan akan format knock out. Tim yang berhasil keluar jadi juara dan runner up akan otomatis mendapat tiket untuk tampil di AFC Club Competition 24/25.

Share.

Leave A Reply