Piala AFF 2022-23 telah bergulir sejak Selasa (20/12/2022) hasil piala AFF dengan pertandingan pembuka Kamboja vs Filipina. Dalam pertandingan tersebut, Kamboja mendapatkan hasil Piala AFF yang cukup baik. Kamboja berhasil menumbangkan Filipina melalui pertandingan yang cukup alot.

Baca juga : Jelang Indonesia vs Kamboja, Mampukah Tim Garuda Meraih Poin Penuh?

Sejauh ini, sudah ada 4 partai pertandingan yang dilaksanakan dalam Piala AFF 2022-23 ini. Akan tetapi, timnas Indonesia belum melakoni satu pertandingan pun. Timnas Indonesia baru akan bertanding di esok hari melawan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno.

Hasil Piala AFF

Hasil Piala AFF
Hasil Piala AFF

Dari pertandingan yang sudah berlangsung, Thailand berhasil memimpin grup A sedangkan grup B dipimpin oleh Vietnam. Lantas bagaimana dengan hasil Piala AFF di pertandingan lainnya? Berikut ini telah disiapkan ulasan singkat dari hasil Piala AFF pada 4 pertandingan yang sudah berlangsung. 

  • Kamboja vs Filipina (3-2)

Piala AFF kali ini dibuka dengan pertandingan Kamboja vs Filipina di Morodok Techo National Stadium. Pertandingan ini berlangsung cukup ketat di mana kedua tim saling balas serangan dan juga gol. Tercatat, kedua tim sama-sama melepaskan 7 tembakan tepat sasaran. 

Kamboja berhasil unggul dua gol lebih dulu di menit ke-16 melalui Reung Bunheing dan Om Chanpolin di menit ke-20. Akan tetapi, Filipina berhasil  menyamakan kedudukan melalui dua gol Kenshiro Daniels di menit 41 dan 55. Tidak lama kemudian, Reung Bunheing kembali mencetak gol sekaligus memastikan kemenangan Kamboja. 

  • Brunei vs Thailand (0-5)

Brunei yang baru saja kembali ke Piala AFF setelah absen 26 tahun menjadi bulan-bulanan bagi  Thailand. Tercatat, Thailand melepaskan 33 tembakan dan 15 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Brunei hanya mampu melepaskan 2 tembakan yang tepat sasaran. 

Bermain di Stadion Kuala Lumpur, Thailand menyarangkan 5 gol ke gawang Brunei tanpa satupun gol balasan. Bordin Phala, Teerasil Dangda dan Awangku Yura Indera Putera bin Pengerin masing-masing mencetak satu gol. Sedangkan Peeradon Chamratsame mencetak dua gol di injury time babak kedua. 

  • Myanmar vs Malaysia (0-1)

Malaysia berhasil mencuri poin saat bermain di hadapan pendukung Myanmar. Bermain di Thuwunna Stadium, Malaysia berhasil menang tipis berkat gol Faisal Halim di menit ke-52. Kemenangan ini pun membuat Malaysia duduk di posisi kedua grup B. 

Dalam pertandingan ini, Myanmar sebenarnya terlihat lebih dominan. Tercatat, Myanmar memiliki 58% penguasan bola dan melepaskan 18 kali tembakan. Sedangkan Malaysia hanya memiliki 42% penguasan bola dan hanya melepaskan 9 tembakan saja. 

  • Laos vs Vietnam (0-6)

Meski bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Laos benar-benar tidak berkutik di hadapan Vietnam. Anak asuh Park Hang Seo tersebut, membuat malu Laos di hadapan pendukungnya sendiri dengan 6 gol tanpa balas. Kemenangan besar ini membuat Vietnam memuncaki klasemen grup B.

Baca juga : Berikut Jadwal AFF 2022 Untuk Ikuti Terus Perjuangan Skuad Garuda

Terlihat dari statistik pertandingan, hasil piala AFF Laos benar-benar tidak berkutik di hadapan Vietnam. Tercatat, Vietnam melepaskan 27 tembakan dan 8 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Laos hanya berhasil melepaskan 2 tembakan namun tidak ada yang berbuah gol. 

Share.

Leave A Reply