Pertandingan Arsenal vs Sporting Lisbon di babak 16 besar Europa League berlangsung sangat sengit. Kedua tim bermain sangat ngotot untuk mengunci satu tiket ke perempat final. Namun sayangnya, Arsenal tersingkir karena kalah mealalui adu penalti. Gabriel Martinelli gagal melaksanakan tugas dengan baik sehingga Arsenal tersingkir saat adu penalti. 

Baca Juga: Hasil Sporting Lisbon vs Arsenal: Sengit! Pertandingan Berakhir Imbang 2-2

Pertemuan Arsenal vs Sporting Lisbon di 16 besar ini memang sangat sengit. Di leg pertama, keduanya saling balas gol lalu akhirnya pertandingan berakhir imbang 2-2. Lalu di leg kedua, baik Arsenal dan Sporting Lisbon juga sama-sama mencetak 1 gol sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. 

Jalannya Pertandingan Saat Arsenal Tersingkir

Arsenal Tersingkir
Jalannyaa Pertandingan Saat Arsenal Tersingkir

Penasaran bagaimanakah jalannya pertandingan saat Arsenal tersingkir dari Europa League tersebut? Jangan khawatir, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan saat Arsenal tersingkir dari Europa League. 

Waktu Normal

Di menit ke-13, Sporting Lisbon memberikan ancaman yang cukup berbahaya. Francisco Trincao bergerak di sisi kanan lapangan lalu melakukan gerakan cut inside di depan kotak penalti.  Francisco Trincao lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang cukup keras ke arah tiang jauh. Namun sayangnya, tembakannya masih melenceng dari sasaran. 

Arsenal membuka keunggulan di menit ke-19 melalui Granit Xhaka. Bermula dari umpan panjang, Gabriel Martinelli berhasil menguasai bola di sisi kiri lalu menusuk ke dalam kotak penalti. Berhadapan satu lawan sat dengan penjaga gawang. Gabriel Martinelli melepaskan tembakan namun berhasil dihalau. Bola muntah pun disambut oleh Granit Xhaka dan berbuah gol. 

Arsenal nyaris saja menggandakan kedudukan di menit ke-30 melalui Gabriel Jesus. Menerima bola di depan kotak penalti, Gabriel Jesus berhasil menusuk ke dalam kotak penalti dengan melewati beberapa pemain Sporting Lisbon. Sayangnya, tembakan akhir Gabriel Jesus masih bisa dihalau oleh penjaga gawang. Bola muntah kembali coba diamankan Gabriel Jesus namun tetap gagal berbuah gol. 

Sporting Lisbon berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-62 melalui gol cantik Pedro Goncalves dari tengah lapangan. Bermula saat Pedro Goncalves berhasil  mencuri bola dari kaki pemain Arsenal. Melihat Ramsdale sedikit maju meninggalkan gawang, Pedro Goncalves langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Ramsdale yang sedikit maju tidak sampai menjangkau bola dan berbuah gol.

Sporting Lisbon nyaris saja berbalik unggul di menit ke-72 namun digagalkan oleh Ramsdale. Dimulai dari serangan cepat, Marcus Edwards mendapatkan sebuah umpan terobosan di depan kotak penalti. Berhadapan satu lawan satu dengan Ramsdale, Marcus Edwards melepaskan tembakan keras. Sayangnya, bola masih bisa dihalau oleh Ramsdale. 

Extra Time

Arsenal nyaris kembali unggul di menit ke-97 melalui Leandro Trossard. Bermula saat Leandro Trossard mencuri umpan back pass pemain Sporting Lisbon. Leandro Trossard pun berlari sendirian ke arah gawang dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tembakan Leandro Trossard masih bisa ditepis kiper dan membentur tiang gawang. 

Di menit ke-117, Arsenal kembali nyaris mencetak gol namun lagi-lagi digagalkan oleh penjaga gawang Sporting Lisbon. Bermula dari tembakan bebas di sisi kiri lapangan, Gabriel berhasil menyambutnya dengan tandukan. Tandukan Gabriel mengarah ke bawah namun bisa dihalau oleh kiper. 

Babak Adu Penalti

Karena kedua kesebelasan tidak mampu mencetak gol di babak extra time, maka perbandingan tetap berakhir imbang 1-1. Dengan begitu, pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan siapakah yang berhak melangkahkan kaki ke perempat final. 

Di babak adu penalti ini, penandang 1-3 dari kedua kesebelasan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga skor tetap imbang 3-3. Di penendang keempat, Sporting Lisbon mengubahnya menjadi 3-4. Gabriel Martinelli yang dipercaya mampu menyamakan menjadi 4-4 justru gagal. Lalu Nuno Santos yang menjadi penendang kelima Sporting Lisbon berhasil melaksanak tugas dengan baik. 

Baca Juga: Hasil Real Madrid vs Liverpool: Berakhir 1-0, Los Blancos ke Perempat Final Liga Champions

Dengan skor 3-5 di babak adu penalti ini, dipastikan Arsenal tersingkir dari Europa League musim 22/23. Sporting Lisbon pun berhak melaju  ke perempat final Europa League. Sejauh manakah perwakilan Portugal ini dapat berbicara di Europa League? 

Share.

Leave A Reply