Pemain Jerman Mesut Ozil memutuskan pensiun dari sepakbola profesional di usianya yang ke-34 tahun. Kabar pensiunnya mantan pemain Real Madrid dan Arsenal ini disampaikan langsung oleh sang pemain melalui akun media sosial pribadinya. Mesut Ozil memilih mengakhiri karirnya setelah cedera yang datang membuatnya tidak sanggup lagi bermain. 

Baca Juga: Mbappe Ditunjuk Sebagai Kapten Timnas Prancis Usai Hugo Lloris Pensiun

Dalam postingan yang menyatakan dirinya pensiun, terdapat beberapa kata yang disampaikan oleh Ozil. Intinya, Ozil berterima kasih banyak atas kesempatan selama 17 tahun lebih berkarir sebagai pesepakbola profesional. Tidak lupa juga Ozil menyampaikan terimakasih kepada mantan klubnya mulai dari Schalke, Werder Bremen, Real Madrid, Arsenal hingga Basaksehir yang menjadi pendaratan terakhirnya. 

Jejak Karir Mesut Ozil

Mesut Ozil
Jejak Karir Mesut Ozil

Selama Karirnya kurang lebih 17 tahun, Mesut Ozil sudah mencatatkan 645 pertandingan dengan 114 gol dan 222 asist di klub. Paling banyak, Ozil bermain untuk Arsenal sebanyak 245 pertandingan dengan catatan 44 gol dan 79 assist. Di Timnas Jerman, Ozil sudah mencatatkan 92 caps dengan 23 gol dan dan 44 asist. 

Tidak hanya mencatatkan banyak gol dan assist, Ozil juga berhasil meraih beberapa trofi selama karirnya. Ozil berhasil membawa Jerman meraih trofi Piala Dunia di tahun 2014. Ozil juga berhasil membawa Arsenal meraih 4 gelar Piala FA dan 2 gelar super cup. Bersama Madrid, Ozil berhasil meraih 1 trofi La Liga dan 1 trofi Copa Del Rey. 

Fakta-Fakta Tentang Ozil

Mesut Ozil
Fakta-Fakta Tentang Ozil

Selain menjadi seorang pesepakbola yang hebat, Ozil juga seorang muslim yang taat. Oleh karena itu, di bawah ini sudah disiapkan beberapa fakta-fakta menarik tentang Ozil. 

  • Muslim yang Taat

Fakta pertama tentang Mesut Ozil yaitu merupakan seorang muslim yang taat. Ketaatan Ozil tercermin dari sikapnya yang suka menyumbangkan harta untuk orang yang kurang mampu. Pada tahun 2014 silam, bonus 240 ribu pounds atau setara dengan Rp4,4 miliar usai memenangkan Piala Dunia disumbangkan kepada anak-anak Brasil untuk operasi medis. 

Tidak hanya suka menyumbangkan hartanya, Ozil juga kerap bersuara tentang kekerasan  yang dialami oleh saudara muslim lain di Uighur dan Palestina. Pada 2019 silam, Ozil mengecam kekerasan kepada muslim Uighur sehingga China memutuskan memboikot Ozil. Di tahun 2021, Ozil menyuarakan dukungan terhadap Palestina. 

  • Memiliki Darah Turki

Meskipun Ozil merupakan pemain nasional Jerman, namun dirinya memiliki darah Turki. Darah ini didapatkan dari Kakek dan Neneknya yang tinggal di Provinsi Zonguldak. Disebutkan, Kakek dan Neneknya meninggalkan Turki pada tahun 1960-an. Dari darahnya inilah mengapa Ozil memeluk agama Islam. 

Darah Turki yang dimiliki Mesut Ozil ini membuat dirinya dekat dengan Recep Tayyip Erdogan yang merupakan Presiden Turki. Ozil beberapa kali melakukan buka puasa bersama dengan sang Presiden. Bahkan, Recep Tayyip Erdogan menjadi saksi dalam pernikahan Ozil dengan Miss Turki. 

  • Pensiun Dini di Timnas Jerman

Meski Mesut Ozil baru menyatakan pensiun dari sepakbola di tahun 2023 ini, namun Ozil  sudah pensiun dari Timna Jerman jauh lebih lama. Banyak kritik yang terus berdatangan kepada Ozil sehingga membuatnya memutuskan pensiun. Ozil merasa Jerman memandangnya sebagai warga negara saat menang saja. Jika kalah, mereka akan memandangnya sebagai orang Turki atau imigran. 

Awal mula kritik tersebut terjadi saat Ozil berfoto dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Hal itu dinilai sebagai dukungan politik dan menuduh Ozil kurang setia kepada Jerman. Selain masalah ini, dukungannya terhadapan Uighur dan Palestina juga membuat Ozil tersingkir. Banyak yang tidak suka dengan Ozil saat mendukung Uighur dan Palestina. 

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Euro 2024, Ada Big Match Italia vs Inggris

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai rekam jejak dan fakta seorang Mesut Ozil. Meskipun di akhir karirnya Ozil sering diterpa kontroversial, namun Indahnya permainan Mesut Ozil di atas lapangan patut diacungi jempol. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version