Sudah tidak dapat dipungkiri sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari oleh sebagian besar orang dari seluruh dunia. Di setiap negara memiliki pertandingan sepakbola yang selalu menyita perhatian jutaan mata. Namun sebagai pecinta sepakbola, apakah Anda sudah mengetahui aturan-aturan sepakbola?

Baca Juga: Mari Kenali Istilah-Istilah Sepakbola Agar Nonton Pertandingan Menjadi Semakin Seru

Jika Anda menggemari sepakbola, mengetahui aturan-aturan sepakbola merupakan hal yang penting. Ini akan membuat Anda lebih memahami jalannya pertandingan dengan lebih baik. Secara garis besar sepakbola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Akan tetapi, sebenarnya masih ada aturan-aturan sepakbola lain yang perlu dipahami. 

Aturan-Aturan Sepakbola

Aturan-Aturan Sepakbola
Aturan-Aturan Sepakbola

Dari awal kemunculannya, ada banyak aturan-aturan sepakbola yang tersebut berubah. Oleh karena itu, FIFA sebagai federasi yang menaungi sepak bola di seluruh dunia selalu memberikan updater terbaru mengenai aturan-aturan sepakbola yang terbaru. Tidak perlu berbasa-basi lagi, simak beberapa aturan-aturan sepakbola di bawah ini. 

  • Ukuran Lapangan

Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan di sebuah lapangan yang cukup besar. Ada aturan khusus yang menetapkan berapa standar ukuran lapangan sepakbola. Untuk lebar lapangan harus berkisar sekitar 64-75 meter sedangkan untuk panjang lapangan berkisar 100-110 meter. Untuk jarak dari garis gawang ke titik penalti yaitu 11 meter. Lalu untuk lingkaran besar yang ada di tengah lapangan harus berdiameter 9.15 meter. 

  • Wasit

Dalam sebuah pertandingan sepakbola resmi, ada beberapa wasit yang bertugas. Salah satunya yaitu wasit utama yang ikut dalam lapangan pertandingan. Dua wasit lainnya akan berdiri di garis lapangan atau sering disebut hakim garis untuk membantu wasit utama melihat offside dan bla out. Selain itu, ada juga wasit yang membantu mengatur papan pergantian pemain. Di beberapa pertandingan yang sudah menggunakan  VAR akan terdapat wasit VAR yang berjumlah 3 orang. Jadi total wasit yang ada dalam sebuah pertandingan berkisar 4-7 orang. 

  • Waktu Pertandingan

Waktu pertandingan sepakbola secara normal yaitu 2×45 menit atau totalnya selama 90 menit. Diakhiri setiap babak, akan terdapat tambahan waktu atau sering disebut dengan injury time. Tambahan waktu yang diberikan akan sangat beragam mulai dari 1 menit bahkan belasan menit seperti yang terjadi di Piala Dunia 2022 Qatar. Tambahan waktu diberikan sesuai waktu yang terbuang selama pertandingan baik karena pemain mengulur waktu, pemain cedera ataupun selebrasi gol. 

Dalam pertandingan tersebut seperti fase gugur, pertandingan tidak boleh diakhiri dengan dengan hasil imbang. Oleh karena itu, pertandingan akan dilanjutkan ke babak tambahan waktu atau extra time jika skor masih imbang. Di babak extra time ini akan diberikan perpanjangan 2×15 menit. Apabila dalam waktu tersebut skor masih imbang, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. 

  • Tembakan Penalti

Saat melakukan tembakan penalti yang berhak berada di dalam kotak penalti hanya kiper dan pemain yang akan melakukan tembakan. Untuk pemain lainnya wajib berada di luar garis dan luar lingkaran yang ada di depan kotak penalti. Pemain yang akan melakukan tembakan penalti tidak bola menghentikan langkah ketika sudah melakukan ancang-ancang menembak. Selain itu, kiper juga tidak boleh meninggalkan garis gawang sebelum bola ditembakan. 

  • Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam tidak boleh dilakukan sembarang dalam sebuah pertandingan. Pemain yang hendak melakukan lemparan ke dalam wajib melakukannya menggunakan kedua tangan dan lemparan harus dimulai dari belakang kepala. Selain itu, kaki pemain yang melakukan lemparan wajib ada di luar garis lapangan. 

  • Garis Out

Sempat terjadi kontroversi gol Jepang ke gawang Spanyol di babak grup Piala Dunia 2022 Qatar. Terlihat, pemain Jepang memberikan umpan saat bola sudah meninggalkan garis lapangan.  Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut karena bola belum sepenuhnya keluar. Jadi, untuk menentukan apakah bola sudah keluar atau belum harus dilihat dari bagian atas karena bola memiliki sisi yang melingkar. Jadi, bisa saja bagian bawah bola sudah keluar lapangan namun di bagian samping masih di berada di garis permainan. 

Baca Juga: Beberapa Perubahan dalam Sejarah Offside di Sepakbola

Nah, itulah dia aturan-aturan sepakbola yang berlaku saat ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai sepakbola sehingga bisa menikmati pertandingan dengan lebih seru. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version