Pertandingan Yordania vs Qatar di final Piala Asia 2023 berhasil dimenangkan oleh tim tuan rumah. Qatar berhasil mengalahkan Yordania dengan skor meyakinkan 1-3. Uniknya, semua gol Qatar yang tercipta dalam pertandingan tersebut berasal dari titik putih dan ketiganya dicetak oleh Akram Afif. Satu-satunya gol Yordania tercipta di menit 67 melalui kaki Yazan Al-Naimat.

Baca Juga : Melaju ke Final Piala Asia 2023, Qatar Berpotensi Raih Gelar Dua Kedua!

Berkat hasil ini, maka Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2023 di kandang sendiri. Qatar sebagai tuan rumah sukses meraih gelar juara untuk dua edisi berturut-turut. Di edisi sebelumnya pada tahun 2019, Qatar juga berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Jepang dengan yang sama juga yaitu 1-3. 

Jalannya Pertandingan Yordania vs Qatar

Ingin tahu bagaimana jalannya pertandingan Yordania vs Qatar tersebut? Tidak perlu khawatir, dibawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Yordania vs Qatar. 

Babak Pertama

Yordania vs Qatar

Di menit ke-16, Yordania memberikan sebuah tembakan kejutan yang sangat berbahaya. Bermula dari pergerakan di sisi kiri kotak penalti lalu menyodorkan bola ke Yazan Al-Naimat tepat di depan kotak penalti. Tanpa kontrol bola, Yazan Al-Naimat langsung menyambut umpan tersebut dengan tembakan keras. Bola meluncur deras ke arah gawang, tetapi berhasil blokir oleh Yazeed Abulaila. 

Qatar berhasil unggul lebih dulu di menit ke-22 melalui Akram Afif dari titik putih. Bermula dari Akram Afif yang mendapatkan umpan terobosan di sisi kiri lapangan lalu bergerak menusuk masuk ke dalam kotak penalti. Abdallah Nasib mencoba menempel ketat Akram Afif hingga ke dalam kotak penalti, tetapi malah berbuah pelanggaran sehingga berbuah penalti. Akram Afif maju ke titik 12 pas untuk melakukan eksekusi dan sukses jalankan tugasnya dengan baik. 

Babak Kedua

Yordania vs Qatar

Yordania akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 melalui sontekan Yazan Al-Naimat. Bermula dari sebuah pergerakan di sisi kanan lapangang yang mencoba menusuk ke dalam kotak penalti tetapi gagal. Bola lalu diarah ke Ihsan Haddad dan disambut dengan umpan silang ke dalam kotak penalti. Yazan Al-Naimat yang mendapatkan kawalan cukup ketat, berhasil menerima bola dengan baik. Usai memutar badan, Yazan Al-Naimat melepaskan tembakan yang berbuah gol. 

Namun kedudukan ini tidak bertahan lama, karena Qatar kembali mendapatkan sebuah hadiah penalti. Bermula dari sebuah umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang coba diterima oleh Ismail Mohamad. Namun Mahmoud Al-Mardi mencoba menghalau bola, tetapi malah mengenai kaki Ismail Mohamad. Wasit menilainya sebagai pelanggaran sehingga memberikan hukuman penalti kepada Yordania. Akram Afif kembali ke titik 12 pas dan tuntaskan tugasnya dengan baik. 

Di penghujung pertandingan tepatnya menit 90+5, Qatar kembali lagi mendapatkan sebuah hadiah penalti. Bermula saat Akram Afif terlepas dari offside dan berlari sendirian ke dalam kotak penalti berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Yazeed Abulaila memilih meninggalkan gawang untuk menghalau bola tetapi malah terjadi benturan. Wasit menilai Yazeed Abulaila melakukan pelanggaran sehingga dihukum penalti. Akram Afif untuk ketiga kalinya sukses tuntaskan tugasnya.

Baca Juga : Hasil Iran vs Qatar: Menang 2-3, Tuan Rumah ke Final Piala Asia

Memasuki menit 90+17, wasit akhirnya memilih untuk meniup peluit panjang tanda pertandingan Yordania vs Qatar telah usai. Tidak ada lagi gol tercipta di injury time sehingga pertandingan Yordania vs Qatar pun resmi berakhir dengan skor 1-3. Dengan hasil ini, Qatar sebagai tuan rumah sukses menjuarai Piala Asia 2023. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version