Sepak bola dunia kini diwarnai dengan tren baru yaitu berbondong-bondong hijrah ke Liga Arab Saudi. Di musim 23/24 ini, ada pemain top di Liga Arab Saudi salah satunya yaitu Karim Benzema. Pemain yang baru  saja mendapatkan Ballon d’Or pada tahun 2022 memutuskan pergi meninggalkan Real Madrid untuk menuju ke Al Ittihad. 

Baca juga: Timnas Senior Diambil Alih Choi In Cheol, STY Fokus di Timnas U23

Hingga saat ini, Liga Arab Saudi belum berhenti mencoba memboyong pemain-pemain top. Salah satu rumor yang sedang hangat saat ini yaitu tawaran klub arab Saudi untuk Mo Salah. Bahkan, tawaran transfer senilai 200 juta pounds untuk mo Salah sudah dikirim. Namun, Liverpool tidak ingin kehilangan pemain andalannya tersebut. 

Ronaldo Memulai Semuanya

Fenomena Arab Saudi dibanjiri oleh pemain top Eropa dimulai dari sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Pemain Portugal saat itu sedang berseteru dengan Man United yang berujung pemutusan kontrak. Ronaldo yang luntang-lantung akhirnya memutuskan datang ke Al Nassr dengan kontrak yang sangat gila. 

Lalu di bursa transfer selanjutnya tepatnya di bursa transfer musim panas 2023 ini, banyak pemain yang akhirnya mengikuti jejak Ronaldo. Tentu saja, banyak pemain yang akhirnya memilih hijrah ke Liga Arab karena mendapatkan tawaran yang sangat tidak masuk akal. Gaji yang bisa didapatkan bisa berkali-kali lipat dari gaji-gaji pemain top Eropa. 

Daftar Pemain Top di Liga Arab

Lantas siapa saja pemain top di Liga Arab Saudi pada musim 23/24 tersebut? Di bawah ini sudah disiapkan nama-nama pemain top di Liga Arab yang sebelumnya sangat bersinar di Eropa. 

  • Karim Benzema

Karim Benzema menjadi pemain top pertama yang hijrah ke Arab Saudi pada bursa transfer musim panas 2023 ini. Karim Benzema memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama Real Madrid yang sudah membuatnya menjadi pemenang Ballon d’Or. Karim Benzema akhirnya memilih Al Ittihad menjadi pelabuhan selanjutnya. 

  • Sadio Mane

Sadio Mane hijrah ke Al Nassr menemani Cristiano Ronaldo. Sadio Mane tampil kurang memuaskan bersama Bayern Munchen sehingga memutuskan untuk hengkang. Sadio Mane sempat terlihat beberapa pertikaian di Bayern Munchen.. 

  • Roberto Firmino

Roberto Firmino merupakan bintang Liverpool yang memutuskan hijrah ke Arab. Firmino memilih tidak memperpanjang kontraknya bersama Liverpool sehingga bisa hijrah ke AL Ahli dengan status bebas transfer. 

  • Neymar

Bintang sepak bola Brasil yaitu Neymar juga ikut hijrah ke Arab. Neymar sudah tidak betah berada di PSG sehingga memutuskan keluar dari klub  asal Prancis Tersebut. Transfer Neymar ke Al Hilal memecahkan rekor transfer termahal Arab Saudi. 

  • Riyad Mahrez

Riyad Mahrez sebenarnya masih mendapat tempat di tim utama Man City. Bahkan Riyad Mahrez beberapa kali tampil sebagai kunci kemenangan Man City. Namun, Riyad Mahrez sepertinya ingin lebih banyak menit bermain sehingga memutuskan hijrah ke Arab Saudi. 

  • Ruben Neves

Sebelum memutuskan pindah ke Al Hilal sempat menjadi komoditi hangat di Eropa. Banyak tim-tim besar yang ingin jasa  pemain 26 tahun ini. Namun, Ruben Neves memilih Al Hilal menjadi pelabuhan selanjutnya. 

Baca juga: Drawing Liga Champions Musim 23/24, Grup F Neraka

Nah, itulah ia beberapa nama pemain top di Liga Arab Saudi. Sebenarnya, masih ada banyak lagi pemain top di Liga Arab Saudi seperti N’Golo Kante, Jordan Henderson, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Fabinho, Franck Kessie, hingga Sergej Milinkovic Savic. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version