PSG (Paris Saint-Germain) merekrut pelatih baru dalam diri Christophe Galtier untuk menggantikan posisi Mauricio Pochettino. Christophe Galtier bergabung dengan PSG dengan kontrak dua tahun setelah meninggalkan Nice di bulan yang lalu, dia mengantarkan Nice menjadi runner-up pada Piala Prancis serta tempat kelima Ligue 1 musim lalu.

Baca Juga : Rumor Transfer Ronaldo yang Ingin Tinggalkan Manchester United

Pria Prancis yang berusia 55 tahun tersebut bergabung dengan Nice di tahun 2021 setelah musim sebelumnya memimpin Lille yang dibawanya menjuarai Ligue 1 untuk pertama kali sejak tahun 2011. Lalu siapakah sosok sebenarnya Galtier? Inilah profilnya!

Perjalanan Karir Christophe Galtier

Mengenal Christophe Galtier

Christophe Galtier adalah sosok pelatih sekaligus mantan pesepakbola kelahiran Marseille, Prancis, 26 Agustus 1966. Sebelum menjadi pelatih, Galtier sendiri merupakan seorang bek yang sudah berkarir di tahun 1980 hingga 1990 an. Dia memulai karier profesinya dengan Marseille di tahun 1985.

Sudah lama berkarir di Prancis, Galtier sempat berpetualang ke luar Prancis di penghujung karirnya tersebut. Dia sempat membela AC Monza di tahun 1997 sampai 1998 dan klub China, Liaoning di tahun 1998 hingga 1999. Setelah pensiun, Galtier langsung melanjutkan ke dunia kepelatihan.

Awal Karir Kepelatihan Galtier

Mengenal Christophe Galtier

Dia memulainya dengan menjadi asisten pelatih di Marseille, Aris dan Bastia yang dimulai dari tahun 1999 hingga 2004. Christophe Galtier kembali menjadi asisten pelatih dari 2024 sampai 2009, kali ini dia sudah bekerjasama dengan Alain Perri di berbagai klub seperti AI Ain, Portsmouth, Sochaux, Lyon sampai Saint-Etienne. Total Christophe Galtier sudah menghabiskan 9 musim di Saint-Etienne sebagai kepala pelatih, dia sudah mendampingi 361 pertandingan dengan meraih satu gelar Coupe de la Ligue musim 2012/2013.

Baca Juga : Man City Resmikan Kalvin Phillips, Akan Kenakan Nomor Punggung 4

Setelah Alai Perin pergi dari Saint-Etienne, Galtier ditunjuk menjadi pelatih kepala klub tersebut. Galtier sudah menyelamatkan Saint-Etienne dari degradasi di musim 2009/2010. Setelah dari Lille, Galtier juga pindah ke Nice di bulan Juni 2021 hanya satu musim dia memimpin Nice sebelum akhirnya digantikan oleh Lucien Favre pada bulan Juni 2022. Setelah satu bulan tanpa klub, Christophe Galtier ditunjuk menjadi pelatih PSG untuk menggantikan Mauricio Pochettino per tanggal 5 Juli 2022.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version