Buntut dari tragedi kelam Kanjuruhan di bulan Oktober 2022 silam, PSSI melakukan KLB. Oleh karena itu, akan diadakan pemilihan struktur organisasi yang baru mulai dari ketua, wakil hingga Exco. Pada Senin (16/1/2022) pendaftaran calon petinggi PSSI termasuk calon ketua PSSI resmi ditutup.

Baca Juga: PSSI Putuskan Liga 2 Dihentikan Usai Rapat Exco

Pada pendaftaran calon ketua PSSI saat ini, ramai diikuti oleh berbagai kalangan. Setidaknya ada 5 nama yang akan bertarung demi mendapatkan kursi nomor satu di sepakbola Indonesia. Ada nama mantan ketua PSSI La Nyalla Mattalitti hingga Menteri BUMN Erick Thohir. Bahkan ada nama Menpora Zainudin Amali di daftar calon wakil ketua umum. 

Mengenal 5 Calon Ketua PSSI

Calon Ketua PSSi
Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti Ikut Serta

Mungkin banyak dari kalian yang awam mengenal dengan dua sosok calon ketua PSSI seperti La Nyalla Mattalitti dan Erick Thohir. Namun bagaimana dengan 3 nama lain yang juga mendaftarkan diri untuk calon ketua PSSI? Oleh karena itu, mari kita mengenal terlebih dahulu 5 calon ketua PSSI periode 2023-2027

  • La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti bukanlah orang baru dalam tubuh PSSI. Sejak tahun 2010, La Nyalla Mattalitti sudah masuk dalam PSSI sebagai ketua Asprov Jawa Timur. Setelah itu, La Nyalla Mattalitti melanjutkan ke PSSI pusat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dari tahun 2013-2015. Setahun berselang, La Nyalla Mattalitti menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. 

Sayangnya, saat La Nyalla Mattalitti menjabat sebagai Ketua Umum PSSI sepakbola Indonesia sangat terpuruk. Di tahun tersebut, terdapat dualisme PSSI hingga terdapat dua timnas dalam satu negara. Menpora pun membekukan PSSI hingga FIFA juga membekukan PSSI. Hal tersebut membuat rangking FIFA Indonesia terjun besar. 

  • Arif Putra Wicaksono

Arif Putra Wicaksono kembali mendaftarkan dirinya sebagai calon Ketua PSSI. sebelumnya, Arif Putra Wicaksono  pernah ikut mendaftar di periode 2019-2013. Tidak hanya itu, Arif Putra Wicaksono juga pernah mendaftarkan di tahun 2016 namun terhalangi persyaratan pengalaman di dunia sepakbola. Saat ini, Arif Putra Wicaksono telah memiliki pengalaman yang cukup sebagai pemimpin promotor yang pernah mendatangkan klub besar dunia seperti Juventus, AS Roma dan Ajax Amsterdam. 

  • Doni Setiabudi

Bagi warga Bandung, nama Doni Setiabudi sudah tidak asing. Pasalnya, Doni Setiabudi merupakan CEO Bandung Premier League yang merupakan kompetisi lokal garapannya. Kompetisi ini sempat mendapatkan sorotan karena mampu menggunakan  VAR dan sistem kompetisi yang baik. Doni Setiabudi juga pernah mencalonkan sebagai wakil ketua PSSI periode 2019-2023. 

  • Farry Djami Francis

Calon ketua PSSI yang selanjutnya datang dari seorang politikus Gerindra Fary Djami Francis. Fary Djami Francis pernah menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI periode 2009-2014. Di tahun 2019 silam, Fary Djami Francis juga pernah ikut dalam bursa calon ketua PSSI. 

Baca Juga: Bagaimana Nasib STY Usai Gagal Indonesia Juara? Dua Exco Tuntut Mundur

  • Erick Thohir

Mungkin banyak dari kalian yang sudah sangat mengenal sosok Menteri BUMN ini. Walaupun saat ini Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN, namun pengalamannya dalam dunia sepakbola terbilang cukup banyak. Erick Thohir pernah menjabat sebagai presiden Inter Milan di tahun 2013 dan masih banyak lagi klub-klub sepakbola yang dimiliki Erick Thohir. 

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version