Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, sepakbola merupakan olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang. Permainannya yang simpel dan mudah membuat banyak orang bisa memainkannya. Namun, bagi Anda yang gemar bermain sepakbola, memahami teknik dasar sepakbola merupakan hal yang sangat penting. 

Baca Juga: Mari Pahami Aturan-Aturan Sepakbola

Sebenarnya, bermain sepakbola tidak hanya sekedar menggiring bola saja lalu melepaskan tembakan ke arah gawang. Ada beberapa teknik yang perlu dikuasai agar skil bermain bola semakin menjadi lebih baik lagi. Dengan menguasai teknik dasar sepakbola, maka permainan semakin baik sehingga bisa mengeksekusi intruksi yang diberikan oleh pelatih. 

Teknik Dasar Sepakbola

Teknik Dasar Sepakbola
Teknik Dasar Sepakbola

Lantas teknik dasar sepakbola apa saja yang wajib dikuasai tersebut? Tidak perlu berbasa-basi lagi, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai teknik dasar sepakbola yang penting untuk dikuasai. 

  • Dribbling

Teknik dasar sepakbola yang perlu dikuasai pertama yaitu dribbling atau menggiring bola. Teknik ini dilakukan untuk membawa bola ke daerah yang diinginkan agar bisa memberikan umpan atau melakukan tembakan ke arah gawang. Selain itu, teknik dribbling yang baik akan membuat bola sulit direbut oleh pemain lawan.

Ada dua tipe dribbling yaitu speed dribbling dan close dribbling. Speed dribbling dilakukan dengan menggiring bola sambil berlari. Sedangkan close dribbling dilakukan untuk mengontrol bola saat sedang dihimpit oleh pemain lawan.  Ada 3 cara dribbling yang bisa dilakukan yaitu menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam dan kaki bagian luar. 

  • Tackling

Dalam sebuah pertandingan, ada saatnya bola dikuasai oleh tim lawan. Pada saat itu, Anda perlu mempertahankan daerah sendiri agar tidak kebobolan atau merebut bola dari kaki lawan. Oleh karena itu, tackling masuk ke dalam teknik dasar yang wajib dikuasai. 

Teknik tackle yang pertama yaitu block tackle dengan cara menghalangi serangan dari arah depan atau saling berhadapan. Tujuan dari tackle ini bukan merebut bola namun menutup ruang pergerakan pemain lawan. Dengan begitu, pemain lawan akan kesulitan melakukan passing atau shooting. 

Teknik tackle lain yaitu slide tackle dengan cara menerjang langsung ke arah bola. Anda perlu mengimbangi kecepatan lawan lalu dengan cepat mencoba merebut bola dari kaki lawan dan kembali berdiri. Namun teknik ini rentan terjadi pelanggaran sehingga perlu berhati-hati. 

  • Shooting

Penentu dalam sebuah pertandingan sepakbola merupakan banyaknya gol yang tercipta. Oleh karena itu, shooting menjadi senjata utama untuk membobol gawang lawan. Namun, untuk melakukan shooting yang baik dan terarah perlu dilakukan dengan ketenangan dan latihan yang berulang-ulang. 

Ada banyak teknik shooting dalam sepakbola yang secara garis besar bisa dibedakan menjadi 4 jenis yaitu shooting dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki  bagian luar dan ujung kaki. Setiap bagian dari kaki yang digunakan untuk menendang akan menghasilkan kecepatan dan keakuratan yang berbeda-beda. 

  • Passing

Teknik dasar sepakbola yang penting untuk dipelajari yang terakhir yaitu passing atau mengoper/mengumpan. Passing dalam sepakbola merupakan salah satu kunci dari permainan yang baik. Jika suatu tim mampu melakukan passing terukur dan terarah maka mampu menguasai jalannya permainan. 

Ada beberapa teknik passing yang perlu dikuasai yaitu umpan pendek, panjang dan jauh. Mulailah dari melatih teknik umpan pendek yang terlebih dahulu. Teknik ini sangat saat dengan terhimpit oleh tim lawan. Namun butuh ketenangan yang ekstra agar akurasi umpan menjadi akurat. Jika tidak tenang, maka umpan tidak akurat sehingga bisa dicuri oleh tim lawan. 

Teknik passing lain yang perlu dikuasai yaitu umpan jauh. Teknik ini penting untuk mengubah arah serangan baik dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya. Selain itu, umpan ini juga bermanfaat untuk melancarkan serangan balik cepat. Namun diperlukan akurasi yang tinggi dalam melakukan teknik ini agar sebuah serangan menjadi efektif. 

Baca Juga: Mari Kenali Istilah-Istilah Sepakbola Agar Nonton Pertandingan Menjadi Semakin Seru

Nah, itulah dia beberapa teknik dasar sepakbola yang wajib dikuasai. Dengan menguasai beberapa teknik di atas, maka skil sepakbola Anda akan semakin meningkat. Cukup kuasai teknik tersebut, maka Anda bisa bermain sepakbola dengan lebih baik. 

Share.

Leave A Reply