Apakah Anda tahu apa saja istilah-istilah sepakbola? Mengetahui istilah-istilah sepakbola sebenarnya bukanlah hal yang wajib. Akan tetapi, bagi Anda yang gemar menonton pertandingan sepakbola, maka mengetahui istilah yang sering digunakan dalam sepakbola merupakan hal yang penting. Dengan mengetahui istilah yang sering digunakan dalam sepakbola, maka menonton pertandingan akan semakin seru.

Baca Juga: Beberapa Perubahan dalam Sejarah Offside di Sepakbola

Sejak pertama kali ditemukan, ada banyak istilah-istilah sepakbola yang terus berkembang. Pada awalnya, sepakbola dimainkan antara dua tim dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang. Belum terlalu banyak peraturan seperti saat ini sehingga istilah yang digunakan juga tidak sebanyak saat saat ini.

Istilah-Istilah Sepakbola

Istilah-Istilah Sepakbola
Istilah-Istilah Sepakbola

Lantas apa saja istilah-istilah sepakbola tersebut? Sebenarnya, ada banyak sekali istilah yang sering digunakan dalam sepakbola, namun di bawah ini sudah siapkan beberapa istilah yang sering digunakan. Tunggu apalagi, langsung saja simak istilah-istilah sepakbola di bawah ini.

  • Kick Off

Istilah pertama yang perlu diketahui yaitu kick off. Istilah ini menandakan bahwa pertandingan sepakbola telah dimulai. Dalam sebuah pertandingan, ada dua kick off yaitu di awal babak pertama dan di awal babak kedua. Kick off ditandai dengan wasit  meniup peluit di tengah lapangan di mana kedua kesebelasan sedang bersiap-siap akan memulai pertandingan.

  • Free Kick

Istilah selanjutnya yaitu free kick atau banyak dikenal dengan sebutan tembakan bebas. Wasit akan memberikan tembakan bebas apabila terjadi pelanggaran di luar kotak penalti. Tembakan bebas dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran tanpa adanya gangguan dari tim lawan. Namun tim lawan digunakan untuk membentuk pagar hidup dengan jarak 10 meter dari titik tembakan akan dilakukan.

  • Penalti

Jika pelanggaran terjadi di luar kotak penalti mendapatkan hadiah free kick, maka pelanggaran di  area penalti diberi hadiah penalti. Tim yang mendapatkan hadiah penalti  akan melakukan tembakan langsung tanpa adanya gangguan sama sekali ataupun pagar hidup. Satu pemain lawan akan maju ke titik yang berjarak 11 meter dari kiper dan melakukan tembakan.

  • Offside

Offside merupakan suatu kondisi di mana suatu pemain menerima bola dari rekannya saat berdiri paling depan mendahului pemain lawan paling terakhir terkecuali kiper. Kondisi offside dihitung sejak rekan mulai menendang melepaskan umpan. Tugas untuk melihat apakah seseorang berada di posisi offside merupakan asisten wasit yang berada di pinggir lapangan. Wasit akan mengangkat bendera jika terjadi offside.

  • Corner Kick

Istilah selanjutnya yaitu corner kick atau sering disebut dengan tembakan pojok atau tembakan sudut. Suatu tim akan mendapatkan corner kick apabila tim lawan secara sengaja ataupun tidak sengaja membuat bola keluar lapangan di area belakang gawang.

  • Diving

Diving merupakan suatu tindakan seperti terjatuh secara sengaja maupun berpura-pura kesakitan meskipun tidak terjadi pelanggaran. Hal ini dilakukan oleh seorang pemain untuk mengelabui penglihatan wasit sehingga seolah-olah terjadi pelanggaran. Namun, jika wasit menyadari seorang pemain hanya melakukan diving akan diganjar dengan kartu kuning karena tidak sportif.

  • Own Goal

Own goal juga sering digunakan dalam sepakbola yang berarti gol bunuh diri. Kondisi ini terjadi saat seorang pemain memasukkan bola ke dalam gawangnya sendiri. Ada banyak kemungkinan seseorang melakukan gol bunuh diri salah satunya yaitu ketidaksengajaan. Terkadang, pemain bertahan hendak mengahalu bola malah membuat bola mengarah ke dalam gawang sendiri.

  • VAR

istilah sepakbola yang perlu diketahui terakhir yaitu VAR atau Video Assistant Referee. VAR merupakan suatu alat yang memungkinkan wasit memutar kembali suatu kejadian secara detail untuk mengambil keputusan yang tepat. Saat ini, VAR digunakan untuk  menentukan offside secara akurat dan juga kemungkinan gol. VAR juga mampu menangkap dengan jelas suatu pelanggaran yang luput dari penglihatan mata telanjang.

Baca Juga: Leandro Trossard Jadi Pusat Perhatian Usai Catatkan 3 Assist Melawan Fulham

Nah, itulah dia istilah-istilah sepakbola yang sering terdengar dalam suatu pertandingan. Semoga dengan mengetahui beberapa istilah ini akan membantu Anda lebih menikmati suatu pertandingan sepakbola nantinya.

Share.

Leave A Reply