Kerjasama PSSI dan Jepang – Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI saat ini bergerak cepat untuk melakukan kerjasama dengan federasi Jepang. PSSI dan Jepang melakukan kerjasama dalam 4 hal untuk membangun sepakbola Indonesia menjadi lebih baik. Erick Thohir sendiri yang menandatangani MoU di Japan Training Center pada Senin (22/5/2023). 

Baca juga : Indra Sjafri Latih Timnas U-22, STY Fokus ke Timnas Senior

Kerjasama ini dilakukan oleh Erick Thohir sekalian dengan kunjungannya ke Japan dalam acara KTT G-7. Beberapa waktu yang lalu, Jepang sedang melakukan KTT G-7 dan Indonesia hadir sebagai ketua KTT ASEAN. Erick Thohir diketahui mendampingi Presiden Jokowi ke Jepang sehingga sekaligus menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PSSI.

Poin Kerjasama PSSI dan Jepang

Poin Kerjasama PSSI dan Jepang

Poin Kerjasama PSSI dan Jepang

Dalam kerjasama PSSI dan Jepang ini terdapat 4 poin utama yang diperbaiki. Poin pertama yaitu benchmarking Liga Indonesia dan juga Timnas Nasional. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan asukan mengenai pengembangan timnas yang lebih baik. Selain itu, benchmarking juga bertujuan untuk membuat Liga Indonesia bisa meningkatkan performanya. 

Poin yang menjadi kerjasama PSSI dan Jepang selanjutnya yaitu sepakbola putri. Seperti yang diketahui, sepakbola putri di Indonesia Masih dianggap sebelah mata dan kurang serius dalam pengembangannya. Di sisi lain, Jepang memiliki catata yang bagus dalam mengembangan sepakbola putri.

PSSI juga akan melakukan kerjasama dalam pembangunan lapangan latihan timnas Indonesia. Sejauh ini, timnas Indonesia tidak memiliki lapangan latihan khususnya sendiri. Timnas Indonesia hanya berlatih di beberapa stadion ataupun menggunakan lapangan latihan tim-tim Liga Indonesia contohya Bali United. 

Poin terakhir dan yang sangat penting dalam kerjasama PSSI dan Jepang yaitu terkait perwasitan. Seperti yang sering dipermasalahkan, banyak wasit di Liga Indonesia yang sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, PSSI meminta Federasi Sepakbola Jepang mengirimkan beberapa wasit terbaiknya ke Indonesia. Tidak hanya itu, kerjasama ini juga untuk persiapan penggunaan VAR di pertengahan musim nanti.

Isu Tentang Dirtek Anyar

Isu Tentang Dirtek Anyar

Isu Tentang Dirtek Anyar

Kerjasama ini juga dikaitkan dengan Direktur Teknik (Dirtek) anyar PSSI. Pasalnya, kursi Dirtek PSSI saat ini akan kosong karena Indra Sjafri akan fokus melatih timnas U22 untuk kualifikasi Piala Asia U23 dan Asian Games China. Oleh karena itu, PSSI dikabarkan sedang menari  penggantinya dari luar negeri seperti Jerman dan Jepang.

Baca juga : FA Thailand Minta Maaf Buntut Kerusuhan di Final SEA Games 2023

Akira Nishino menjadi nama yang disorot karena kerjasama PSSI dan Jepang ini. Pelatih asal Jepang ini dikabarkan akan menjadi Dirtek PSSI menggantikan Indra Sjafri. Netizen Thailand pun ikut menyorotinya karena sang pelatih pernah menangani tim Gajah Putih baik tim muda hingga tim senior. 

Share.

Leave A Reply