Laju skuad Garuda Muda di Piala Asia U-20 harus terhenti di babak grup. Timnas U-20 gagal melaju ke perempat final karena tidak mampu mengalahkan Uzbekistan di pertandingan terakhir. Di pertandingan terakhir tersebut, Timnas U-20 hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan sang tuan rumah. 

Baca Juga: Hadapi Irak U-20 di Laga Perdana Timnas U-20 Kalah 2-0

Karena hasil imbang melawan tuan rumah tersebut, skuad Garuda Muda hanya menempati peringkat ke-3 klasemen grup A. Di posisi kedua, diduduki Irak dengan koleksi 4 poin sama seperti Indonesia. Jadi, wakil grup A ke perempat final Piala Asia U-20 yaitu Uzbekistan dan Irak. 

Rencana STY Usa Timnas U-20 Gagal di Piala Asia

Timnas U-20 Gagal
Rencana STY Usa Timnas U-20 Gagal di Piala Asia

Usai Timnas U-20 gagal di Piala Asia, Shin Tae Yong selaku pelatih memberikan beberapa pernyataan. Pertama-tama, rencana Shin Tae Yong usai gagal di Piala Asia yaitu memberikan waktu istirahat bagi tim. Setelah itu, dirinya dan tim akan melakukan beberapa perubahan di skuad Garuda Muda. 

Saat ini, Shin Tae Yong akan fokus kepada Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada bulan Juni mendatang. PSSI bahkan berjanji akan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk rencana STY nantinya. Ditargetkan, skuad Garuda Muda mampu lolos dari babak grup sehingga tidak hanya menjadi tim hore semata. 

Sedari awal, STY memang lebih memfokuskan diri untuk Piala Dunia U-20. Ada banyak pemain yang sudah diincar oleh STY untuk memperkuat skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20 mendatang. Beberapa pemain tersebut tidak ikut serta di Piala Asia U-20 ini karena sedang fokus bersama timnya masing-masing.

Penyebab Timnas U-20 Gagal di Piala Asia

Timnas U-20 Gagal
Penyebab Timnas U-20 Gagal di Piala Asia

Shin Tae Yong memberikan pernyataannya mengenai Timnas U-20 yang gagal. Salah satu hal yang disoroti oleh pelatih asal Korea tersebut yaitu masalah postur tubuh. Menurut Shin Tae Yong, anak asuhnya sudah bermain dengan cukup baik namun pemain Uzbekistan memiliki postur yang lebih besar sehingga sangat menyulitkan anak asuhnya.

Shin Tae Yong juga menambahkan bahwa pertahanan skuad Garuda Muda sudah sangat baik dalam pertandingan tersebut. Skuad Garuda tidak kebobolan dalam 90 menit. Untuk perkara gol, menurut Shin Tae Yong skuadnya harus bisa menjadi satu. Sayangnya, tidak ada gol yang tercipta hingga akhir pertandingan dan Timnas U-20 dinyatakan gagal. 

Shin Tae Yong juga menambahkan bahwa ada beberapa pemain penting yang tidak bisa dibawa pada Piala Asia U-20. Memang ada beberapa pemain yang tidak ikut serta contohnya saja Marcelino Ferdinand. Salah satu pemain kunci  yang ada di skuad timnas baik u-20 ataupun senior ini tidak ikut serta karena tidak mendapatkan izin dari timnya. 

Baca Juga: PSS Sleman Kalah Lagi Saat Hadapi Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo

Sebulan sebelum Piala Asia U-20 dimulai, Marcelino Ferdinand baru saja pindah ke klub barunya di Liga Belgia. Baru beberapa hari bersama klub, Marcelino Ferdinand mendapatkan panggilan untuk mengikuti training center timnas. Namun klub Marcelino Ferdinand tidak mengizinkan sehingga sang pemain tidak memperkuat skuad garuda Muda. 

Share.

Leave A Reply