Delapan tim yang menerima denda dirilis oleh UEFA, hal ini disebabkan karena melanggar FFP (Financial Fair Play). Setiap tim denda yang diterima nya juga berbeda beda, seperti Paris Saint-Germain  dengan denda tertinggi sedangkan Barcelona tidak termasuk ke dalam daftar tim yang melanggar FFP. Selain itu CFCB (Club Financial Control Body), badan di bawah UEFA yang bertugas untuk mengawasi keuangan klub juga melakukan pengecekan keuangan semua tim di Eropa semenjak tahun 2018 sampai 2022.

Baca Juga : Hasil Bundesliga Jerman 2022/23 pekan ini: Bayern Munchen Gagal Ke Puncak Klasemen

Tetapi laporan keuangan di tahun 2020 dan 2021 setiap klub dijadikan satu periode. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena pademi membuat stabilitas keuangan semua tim terganggu. Sehingga perhitungannya akan berbeda khusus untuk tahun tersebut, alhasil dalam perhitungan CFCB, ada beberapa tim yang ternyata tidak memenuhi syarat Financial Fair Play yang ditetapkan. Maka semuanya wajib membayarkan denda tersebut.

Total Denda Dari Tim yang Melanggar FFP 

Daftar Tim yang Melanggar FFP

Denda dari semua tim tersebut jika digabungkan totalnya sebesar 172 juta Euro, dan pembayaran dendanya dijelaskan melalui pemotongan dari pendapatan  maupun dari kompetisi yang bernaung di UEFA. Dalam sebuah rilisan resminya CFCB menyebutkan jika 15% dari jumlah denda tersebut atau 26 juta Euro harus dibayarkan secara langsung, sisanya yang sebesar 146 juta Euro tersebut tergantung pada target penyelesaian setiap klub. Dan PSG menjadi tim dengan jumlah denda terbanyak, sedangkan empat tim Italia lainnya termasuk dalam daftar tim yang harus membayarkan denda.

Baca Juga : Berakhir dengan Skor 3-1, Man United Kalahkan Arsenal di Old Trafford

Daftar Delapan Tim yang Didenda

Menariknya lagi dari delapan tim tersebut, tak ada nama tim-tim besar, seperti Barcelona, Chelsea, maupun Manchester United. Berikut inilah daftar tim yang melanggar FFP:

  1. Paris Saint-Germain (FRA) dengan total denda sebesar 65 juta Euro
  2. AS Roma (ITA) dengan total denda sebesar 35 juta Euro
  3. Inter Milan (ITA) dengan total denda sebesar 26 juta Euro
  4. Juventus (ITA) dengan total denda sebesar 23 juta Euro
  5. AC Milan (ITA) dengan total denda sebesar 15 juta Euro
  6. Besiktas (TUR) dengan total denda sebesar 4 juta Euro
  7. Marseille (FRA) dengan total denda sebesar 2 juta Euro
  8. AS Monaco (FRA) dengan total denda sebesar 2 juta Euro

Ada Beberapa Tim yang Selamat Dari Hukuman

Daftar Tim yang Melanggar FFP

CFCB juga menjelaskan, pengecualian perhitungan laporan keuangan di tahun 2020 dan 2021 tersebut membuat beberapa tim selamat dari denda dengan total ada 19 tim. Laporan keuangan semua tim tersebut dikategorikan aman sebab memenuhi persyaratan CFCB tentang penerapan tindakan darurat Covid-19 serta historis keuangan mereka. Meski demikian, semua tim tersebut dipantau secara saksama oleh CFCB. Karena jika tidak ada pengecualian pada dua tahun tersebut, tim ini berpotensi melanggar.

Daftar 19 Tim yang Selamat Dari Denda

Terdapat empat klub yang berasal dari Inggris selamat dari denda tersebut, tetapi hanya ada dua tim yang masuk kedalam kategori Big Six. Nah berikut inilah 19 klub yang bebas dari denda:

  1. Chelsea(ENG)
  2. Manchester City (ENG)
  3. West Ham United (ENG)
  4. Leicester City (ENG)
  5. Borussia Dortmund (GER)
  6. Union Berlin (GER)
  7. Wolfsburg (GER)
  8. Sevilla (ESP)
  9. Real Betis (ESP)
  10. Barcelona (ESP)
  11. Napoli (ITA)
  12. Lazio (ITA)
  13. Fenerbahce (TUR)
  14. Trabzonspor (TUR)
  15. Lyon (FRA)
  16. Feyenoord (NED)
  17. Royal Antwerp (BEL)
  18. Rangers (SCO)
  19. FC Basel (SUI)
Share.

Leave A Reply