Tanda tanya tentang nasib Shin Tae Yong di Timnas Indonesia kembali  menjadi perbicaraan yang hangat. Sebelumnya, banyak yang bertanya-tanya bagaimanakah  nasib Shin Tae Yong. Pasalnya, kontrak Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia seharusnya berakhir di akhir tahun 2023 ini. 

Baca juga : Shin Tae Yong Panggil 26 Nama Untuk TC Timnas Indonesia FIFA Matchday Juni

Mengingat Piala Asia 2023 yang baru dilaksanakan pada Januari-Februari 2024 lah yang menjadi tanda tanya nasib Shin Tae Yong semakin dipertanyakan. Apakah Shin Tae Yong akan melatih Timnas Indonesia ataukah tidak di Piala Asia U23. Banyak pihak yang menginginkan Shin Tae Yong melatih Timnas Indonesia di Piala Asia. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut yang bisa membawa Indonesia ke Piala Asia.  

Nasib Shin Tae Yong

Nasib Shin Tae Yong

Nasib Shin Tae Yong

Hingga saat ini, PSSI tidak memberikan  pertanyaan apakah akan memperpanjang kontrak Shin Tae Yong ataukah tidak. Yang jelas, PSSI menyebutkan di Piala Asia nanti Shin Tae Yong lah yang menjadi nahkodanya. Hal ini disampaikan oleh Erick Thohir yang mengatakan sudah ada kesepakatan antara PSSI dan Shin Tae Yong tentang Piala Asia 2023. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Shin Tae Yong disebutkan sudah melakukan pembicaraan. Disebutkan, Shin Tae Yong akan menjadi pelatih Timnas Indonesia dalam beberapa agenda mulai dari FIFA Matchday Juni, Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Piala Asia 2023. 

Beberapa sumber mengatakan bahwa nasib Shi Tae Yong nanti akan ditentukan oleh hasil timnas Indonesia. Sepertinya, FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Dunia hingga Piala Asia 2023 lah yang akan menjadi tolak ukur apakah Shin Tae Yong akan diperpanjang atau tidak. 

Calon Pengganti Shin Tae Yong

Calon Pengganti Shin Tae Yong

Calon Pengganti Shin Tae Yong

Jika nantinya Shin Tae Yong tidak diperpanjang kontraknya, siapakah yang layak menjadi pelatih Timnas Indonesia selanjutnya? Berikut ada beberapa nama yang dirumorkan akan menjadi pengganti. 

  • Indra Sjafri

Nama pelatih lokal Indra Sjafri kembali menjadi sorotan usai membawa Indonesia meraih medali Sea Games. Indra Sjafri memang memiliki prestasi yang gemilang membawa timnas kelompok umur. Oleh karena itu, beberapa pihak meminta Indra Sjafri diberi kepercayaan pelatih timnas senior. 

  • Akira Nishino

Akira Nishino pelatih asal Jepang juga menjadi pembicaraan. Pelatih yang pernah melatih Thailand di tahun 2021 menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Pasalnya, Erick Thohir baru saja menjalin kerjasama dengan federasi sepakbola Jepang.

Baca juga : 4 Poin Utama Kerjasama PSSI dan Jepang

  • Joachim Low

Joachim Low juga dikaitkan sebagai pelatih pengganti Shin Tae Yong. Pria berusia 63 tahun mantan pelatih Jerman ini dikaitkan dengan kursi kepelatihan usai PSSI mencari direktur teknik hingga ke Jerman. Jadi, bukan tidak mungkin Joachim Low akan menjadi sosok pengganti.  

 

Share.

Leave A Reply