Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan atau biasa dipanggil Iwan Bule, telah memastikan bahwa STY tetap latih Timnas senior. Pelatih asal Korea Selatan ini telah berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Dimana Iwan Bula menuturkan bahwa hasil Timnas Indonesia sangat luar biasa pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia. Oleh karena itu, posisi pelatih Timnas senior masih akan diisi oleh Shin Tae Yong. Selain itu, Shin tae Yong juga dipastikan akan tetap melatih Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga : Indonesia VS Nepal, Apakah Bisa Menang Mudah?

Meski STY tetap latih Timnas senior dan U-20, namun belum dapat dipastikan apakah STY masih menangani Timnas U-23 atau tidak. Iwan Bule mengatakan bahwa terkait melatih Timnas U-23 lihat nanti, jika STY mau melatih tidak ada pihak yang akan menghalangi. Pada jamuan ramah tamah Kamis 16 Juni, ketua PSSI itu juga menyampaikan hal terkait Indonesia yang mungkin akan maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Dimana PSSI akan mempertimbangkan hal tersebut bersama Komite Eksekutif, FIFA, dan melakukan konsultasi ke AFC.

Kabar Baik Bagi Penggemar Sepakbola Indonesia

Iwan Bule Pastikan STY Tetap Latih Timnas Senior

Berita STY tetap latih Timnas senior tentu menjadi kabar gembira bagi penggemar bola Indonesia. Sebelumnya posisi pelatih yang pernah melatih Timnas Korea Selatan tersebut dikabarkan akan terhenti. Dimana Shin Tae Yong hanya menjadi pelatih Timnas U-19 saja, sehingga banyak kalangan yang menyayangkan hal tersebut. PSSI sebelumnya menyatakan bahwa STY lebih baik fokus menangani Timnas U-19, yang mana akan bersaing pada Piala Dunia U-20 2023 nanti. PSSI menganggap bahwa STY keteteran jika harus melatih tiga tim (Timnas senior, U-23, dan U-19). Akan tetapi, tanggapan PSSI tersebut mendapat banyak respon buruk dari beberapa kalangan seperti pengamat dan penggemar sepak bola. Tanggapan yang dilontarkan PSSI tersebut dianggap diucapkan di waktu yang tidak tepat. Sebab kala itu, Timnas Indonesia U-23 tengah bertanding di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Prestasi STY Bersama Timnas Indonesia

Iwan Bule Pastikan STY Tetap Latih Timnas Senior

Shin Tae Yong memberi banyak perubahan dalam setiap kategori level usia Timnas Indonesia. Maka dari itu, tidak aneh jika banyak orang yang mendukung pelatih asal Negeri Ginseng tersebut. Di bawah ini adalah beberapa prestasi yang ditorehkan STY bersama Timnas Garuda.

  • Runner up Piala AFF 2020, walau tidak menjadi jawara namun Timnas Indonesia tak terkalahkan pada penyisihan Grup B. Bahkan dari 4 laga, Indonesia dapat meraih 3 kemenangan dan 1 imbang, dengan begitu Timnas Garuda berhasil memuncaki klasemen Grup B.
  • Perunggu SEA Games 2021, Indonesia berhasil mencetak 4 gol dari 11 laga. Hal ini tentu harus diapresiasi sebab Timnas Indonesia U-23 tampil menggila pada perhelatan yang diselenggarakan di Hanoi tersebut.

Baca Juga : Arema Meraih Kemenangan Perdana di Grup D Piala Presiden 2022

Tak sampai disitu, masih ada banyak prestasi Shin Tae Yong bersama Timnas Garuda yakni seperti berhasil naik 20 peringkat FIFA hanya dalam kurung waktu kurang dari satu tahun saja. Dimana sebelumnya Indonesia berada di peringkat 175 dan sekarang ada di peringkat 155. Penampilan tajam dan luar biasa Timnas Indonesia saat kualifikasi Piala Asia 2023 juga patut diapresiasi. Kemudian, tak lupa Shin Tae Yong juga berhasil membawa Timnas Garuda melaju ke Piala Asia tahun depan!

Share.

Leave A Reply