Stadion 1 juta kursi untuk menampung seluruh fans sepakbola yang datang dari seluruh penjuru dunia? Terdengar tak masuk akal, namun seorang fotografer sekaligus pematung dari Amerika ini, tidak takut untuk bermimpi. Paul Pfeiffer, sang perancang, baru saja merampungkan desain studio yang diklaim mampu menampung 1 juta penonton.

Baca Juga : Aleksandar Kolarov Umumkan Pensiun dari Dunia Sepakbola

Publik dibuat tercengang dengan desain stadion yang megah nan menakjubkan tersebut. Pasalnya, saat ini stadion sepakbola terbesar dunia, yakni Rungrado 1st of May Stadium yang terletak di Pyongyang, Korea Utara hanya mampu menampung sekitar 114 ribuan penonton saja. 

Selain itu, ada pula Camp Nou, markasnya klub Barcelona yang disebut-sebut memiliki kapasitas hingga 99 ribuan penonton saja. Angka ini pun sudah terbilang yang paling besar untuk laga sepakbola di Eropa. 

Lantas, jika demikian, bagaimana dengan stadion 1 juta kursi yang dirancang oleh Paul Pfeiffer ini? Diproyeksikan oleh sang seniman melalui sebuah konsep pemodelan, penampakan stadion 1 juta kursi ini benar-benar mampu membuat setiap mata yang melihat terkesima. 

Paul Pfeiffer Sang Perancang Stadion 1 Juta Kursi

Tampilan Stadion 1 Juta Kursi

Paul Pfeiffer sang perancang stadion 1 juta kursi ini lahir di Honolulu, Hawai, pada tahun 1966. Ia pernah tinggal di Filipina bersama kedua orang tuanya yang merupakan musisi klasik. Di usia belasan tahun, Paul kemudian berpindah ke luar negeri dan ia melanjutkan studi di San Francisco Art Institute pada tahun 1987 untuk memperoleh gelar Sarjana Seni. Beberapa tahun kemudian, ia melanjutkan studi di Hunter College demi memperoleh gelar Master of Fine Arts. 

Setelah menyelesaikan perjalanan pendidikannya, Paul kemudian aktif mengikuti sejumlah kegiatan seni, salah satunya adalah Program Independen yang diselenggarakan oleh Whitney Museum of American Art. Ia juga menyelenggarakan beberapa pameran tunggal yang pada akhirnya mengantarkannya pada berbagai penghargaan.

Adapun penghargaan yang pernah diperoleh Paul Pfeiffer adalah Anugrah Travel Grant Pilot yang diberikan oleh National Endowment for the Arts and Arts International pada tahun 1993. Selain itu, ia juga pernah menerima penghargaan Alpert dalam Seni, pada Seni Visual 2009. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Paul Pfeiffer telah mendedikasikan keterampilannya sebagai seniman yang berkontribusi pada olahraga dunia. Mockup stadion 1 juta kursi ini adalah karya terbarunya yang memang terkesan menakjubkan namun sekaligus tak masuk akal. 

Baca Juga : Jhonny van Beukering, dari Striker Timnas Indonesia Sampai Jadi Satpam Klub Striptis

Terlepas dari itu, Paul Pfeiffer mengaku akan mewujudkannya suatu hari nanti. Jika berhasil dibangun, tentu saja stadion ini akan menjadi stadion terbesar di dunia, sekaligus satu-satunya stadion yang mampu menampung sekitar 1 juta penonton. Rasanya tak terbayangkan bagaimana penonton yang berada di deretan kursi bagian atas akan menonton jalannya pertandingan nanti!

 

Share.

Leave A Reply