Sepak bola adalah olahraga lengkap yang membutuhkan banyak aspek keterampilan, tak hanya satu saja. Olahraga satu ini juga banyak disenangi oleh berbagai kalangan usia, dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Penting untuk diketahui bahwa untuk jadi pesepak bola handal, maka ada banyak skill penting dalam sepak bola yang harus dikuasai. 

 Baca Juga : Beberapa Perubahan dalam Sejarah Offside di Sepakbola

Olahraga sepak bola bukan hanya tentang permainan, tetapi juga tentang fenomena sosial dengan makna yang mendalam. Mengenai bagaimana pemahaman antar pemain ketika latihan atau pertandingan berlangsung. Terkait bagaimana keputusan dan teknik bermain di lapangan. 

 

Berikut Beberapa Skill Penting Dalam Sepak Bola

 

Berikut Beberapa Skill Penting Dalam Sepak Bola

Berikut adalah beberapa skill penting dalam sepak bola yang harus pemain miliki. 

 

1. Passing

 

Passing menjadi salah satu skill penting dalam sepak bola. Mengoper bola merupakan teknik memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Passing dapat dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh lain, kecuali tangan tentunya. Ada beberapa teknik passing dengan kaki yakni passing dengan kaki bagian dalam, kaki bagian liuar, punggung kaki, dan ujung kaki. 

 

2. Controlling

 

Untuk menghentikan bola, seorang pesepak bola bisa menerapkan teknik controlling. Baik itu bola yang jatuh dari atas, melayang di udara dari pemain lain, atau menggelinding di tanah. Bagian tubuh yang dapat digunakan dalam skill ini yakni punggung kaki, kaki bagian luar, paha, telapa kaki, dada, dan kaki bagian dalam. 

 

3. Dribbling

 

Salah satu skill penting dalam sepak bola yang harus dimiliki yakni dribbling. Dribbling berfungsi untuk menguasai bola di lapangan saat sedang bergerak, berdiri, atau juga bersiap melakukan operan dan tembakan. Pemain umumnya melakukan dribbling menggunakan kaki bagian dalam. Jika sudah mahir, maka skill ini dapat digunakan menggunakan kaki bagian luar.

 

4. Heading

 

Heading menjadi skill penting dalam sepak bola yang tak boleh disepelekan. Heading merupakan teknik guna memainkan bola di udara. Teknik ini dapat dilakukan ketika sedang meloncat, menjatuhkan diri, melompat ke depan, juga atau tetap diam dan mengarahkan bola ke gawang atau teman dengan tajam.

 

5. Shooting

 

Apa itu shooting? Merupakan teknik untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan cara menendang bola menggunakan bagian kaki apapun. Skill ini biasanya harus disertai akurasi dan tenaga yang tinggi. Untuk teknik shooting, bagian punggung kaki menjadi pilihan paling baik. 

 Baca Juga : Mari Cari Tahu Berbagai Teknik Dasar Dribble Dalam Sepakbola

Speed

 

Agar teknik sepak bola yang dimiliki bisa optimal, maka penting juga untuk memiliki skill kecepatan yang baik. Hal ini tidak lain supaya gerakan semakin lincah di lapangan. Melatih kecepatan dengan mengadopsi metode latihan profesional tak menjadi masalah. 

Share.

Leave A Reply