Fase grup cabang sepakbola SEA Games akan segera berakhir. Dengan begitu, akan segera diketahui negara mana saja yang akan lolos ke semifinal SEA Games 2023 ini. Lantas negara mana saja yang sudah mengamankan tempat di semifinal SEA Games 2023 ini?

Baca Juga: Indonesia U22 ke Semifinal Usai Kalahkan Timor Leste

Sejauh ini, sudah ada 3 negara yang memastikan diri ke semifinal SEA Games 2023 yaitu Indonesia, Vietnam dan Thailand. Di grup B, sudah lengkap wakil yang berangkat ke semifinal. Lalu di grup A, masih tersisa 1 tempat lagi yang akan diperebutkan oleh Kamboja dan Myanmar. 

Indonesia Pastikan 1 Tempat

Semifinal SEA Games
Indonesia Pastikan 1 Tempat

Tanpa harus melakoni pertandingan keempat, Indonesia U22 sudah memastikan diri lolos ke semifinal. Dari 3 pertandingan yang sudah dilakoni, skuad Garuda Muda memiliki catatan yang sangat baik. Di mana, skuad Garuda menjadi tim paling produktif dengan 11 gol dan tanpa pernah kebobolan satu gol pun. 

Walaupun begitu, pertandingan keempat melawan tuan rumah kamboja juga penting karena menjadi penentu di posisi berapakah skuad Garuda Muda finish. Apabila skuad Garuda Muda berhasil menumbangkan Kamboja, dipastikan akan finish sebagai juara grup. Dengan begitu, Indonesia U22 akan melawan runner up grup B. 

Laga Penentu Semifinal SEA Games

Semifinal SEA Games
Laga Penentu Semifinal SEA Games

Sebelumnya sudah disebutkan ada 3 negara yang sudah memastikan diri ke semifinal. Walaupun begitu, pertandingan terakhir tetap sangat penting karena menentukan posisi finish di fase grup nantinya. Di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai persaingan yang ada di setiap grup. 

  • Grup A

Di grup A, tersisa 1 tiket lagi yang akan diperebutkan oleh Myanmar dan tuan rumah Kamboja. Posisi Kamboja lebih tidak menguntungkan dibandingkan oleh Myanmar. Pasalnya, Myanmar berada di peringkat ke-2 dengan koleksi 6 poin, sedangkan Kamboja di peringkat ke-3 dengan koleksi 4 poin. Dengan kata lain, Kamboja sangat bergantung dengan hasil dari pertandingan lainnya. 

Di pertandingan keempat ini, Kamboja akan melawan Indonesia. Lalu di pertandingan lain, Myanmar akan melawan Filipina. Kamboja wajib menang melawan Indonesia jika ingin lolos. Namun dengan syarat, Myanmar wajib kalah dari Filipina. Jika Myanmar berhasil menang, maka hasil Indonesia vs Kamboja tidak berpengaruh. 

Sebenarnya, Myanmar juga bergantung pada hasil Indonesia vs Kamboja. Pasalnya, ada kemungkinan juga Myanmar kalah melawan Filipina. Walaupun begitu, Myanmar masih bisa berpotensi lolos ke semifinal. Syaratnya yaitu Kamboja tidak menang melawan Indonesia. 

Melihat pertandingan ini saling berpengaruh satu sama lain, panitia SEA Games cabang sepakbola pria mengubah jadwal secara tiba-tiba. Sebelumnya, pertandingan Myanmar vs Filipina akan digelar lebih dulu. Namun, akhirnya pertandingan diundur sehingga bersamaan dengan pertandingan Indonesia vs kamboja. 

  • Grup B

Di grup B, pemilih tiket ke semifinal SEA Games 2023 yaitu Vietnam dan Thailand. Tidak  ada lagi, tim lain yang bisa menggeser dua tim perkasa di grup B ini. Di pertandingan terakhir, keduanya akan saling bertemu untuk menentukan siapakah yang keluar sebagai juara grup. 

Keduanya sama-sama mengoleksi 9 poin sehingga penentu ada di pertandingan terakhir. Tim yang berhasil keluar sebagai pemenang di pertandingan keempat ini akan finish sebagai juara grup. Namun, jika pertandingan berakhir imbang, maka Thailand akan finish sebagai juara grup karena selisih gol yang dimilikinya. Jadi, Vietnam perlu kemenangan jika ingin berstatus sebagai juara grup. 

Baca Juga: Indonesia U22 Pesta Gol ke Gawang Myanmar, Puncaki Klasemen Grup A

Tim yang berhasil keluar sebagai juara grup B, nantinya akan melawan runner up grup A. Lalu runner up grup B akan melawan juara grup A. Lantas siapakah lawan Indonesia nanti di semifinal SEA Games 2023 ini? 

Share.

Leave A Reply