Batalnya Piala Dunia U20 dilaksanakan di Indonesia, membuat FIFA menjatuhkan sanksi. Sebelumnya, ketua umum PSSI berharap agar FIFA tidak memberikan sanksi untuk Indonesia yang terlalu berat. Namun pada Kamis (6/4/2023) FIFA telah mengumumkan sanksi untuk Indonesia. Untungnya, sanksi untuk Indonesia ini tidak terlalu berat. 

Baca Juga: Nasib Piala Dunia U20 Diujung Tanduk, Ini Sanksi FIFA yang Bisa Diterima Indonesia

Sebelum ada pengumuman sanksi untuk INdonesia dari FIFA ini, banyak yang mengira PSSI kembali akan dibekukan. Jika hal tersebut terjadi, tentu sangat merugikan Indonesia di kancah internasional. Pasalnya, Indonesia sudah terjadwalkan akan mengikuti Piala Asia setelah sekian lama dan juga kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Sanksi Untuk Indonesia

Sanksi Untuk Indonesia
Sanksi Untuk Indonesia

Kepastian sanksi untuk Indonesia ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Perancis. Erick Thohir mengucapkan alhamdulilah dan terimakasih kepada doa seluruh rakyat Indonesia karena Indonesia terhindar dari sanksi berat. Erick Thohir menggunakan istilah bahwa Indonesia hanya dapat kartu kuning bukan kartu merah. 

Ketua Umum PSSI bertemu dengan Presiden FIFA membawa cetak biru sepakbola Indonesia sesuai yang diarahkan oleh Presiden Jokowi. Erick Thohir menyebutkan bahwa FIFA akan melakukan review terhadap cetak biru tersebut. Dijelaskan juga, Indonesia hanya mendapatkan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward 

Sanksi untuk Indonesia ini juga disampaikan secara resmi oleh FIFA melalui situsnya. Dalam situs resminya, FIFA menjelaskan bahwa sudah terjadi pertemuan antara Erick Thohir dengan Gianni Infantino untuk membahas transformasi sepakbola Indonesia dan tidak lanjut pertemuan di Qatar pekan sebelumnya. 

FIFA juga menjelaskan bahwa Erick Thohir menjabarkan rencana sepakbola Indonesia. Tidak hanya itu, disebutkan juga Erick Thohir menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden FIFA. Hasil dari pertemuan tersebut, FIFA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi untuk Indonesia berupa pembekuan dana FIFA Forward. 

Apa itu Dana FIFA Forward?

Sanksi Untuk Indonesia
Apa itu Dana FIFA Forward?

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia mendapatkan sanksi berupa pembekuan dana FIFA Forward. Lantas, sebenarnya apa itu dana FIFA Forward tersebut? Jangan khawatir, mari kita cari tahu bersama-sama apa sebenarnya dana FIFA Forward tersebut. 

Saat ini FIFA sedang meluncurkan program FIFA Forward 3.0 pada Januari 2023. Program ini akan memberikan dana segara kepada 211 asosiasi yang menjadi anggota FIFA. Tujuan dari program ini yaitu untuk dukungan dana dan pengembangan sepak bola di seluruh dunia. 

Baca Juga: Terungkap! Ini Penyebab Batalnya Piala Dunia U20

Disebutkan, Indonesia sudah mendapatkan dana FIFA Forward 3.0 sekitar 5,6 juta atau sekitar Rp83 miliar pada awal tahun lalu. Dana tersebut disebutkan digunakan untuk membangun tempat latihan. Namun karena sanksi FIFA untuk Indonesia ini, maka bantuan dana ini dihentikan sementara waktu. 

Share.

Leave A Reply