Saat ini, Indonesia sedang dihantui sanksi FIFA yang cukup berat karena Piala Dunia U20. Piala Dunia U20 yang tadinya adem ayem dan semakin dekat dengan pelaksanaan, secara tiba-tiba berubah semakin memanas. Bahkan rumor Piala Dunia U20 batal semakin marak terdengar di berbagai media sosial. 

Baca Juga: Resmi! FIFA Nyatakan Drawing Piala Dunia U20 Batal

Rumor batalnya Piala Dunia U20 ini menyusul drawing yang seharusnya dilaksanakan pada 31 Maret di Bali dibatalkan oleh FIFA. Hal ini dikaitkan dengan penolakan Israel di Piala Dunia U20. Gubernur Bali juga ikut menolak Israel dan sudah mengirimkan surat ke Menpora. Oleh karena itu, rumor Piala Dunia U20 Batal semakin keras terdengar. 

Situasi Piala Dunia U20

Sanksi FIFA
Situasi Piala Dunia U20

Saat ini, belum diketahui pasti bagaimana nasib Piala Dunia U20 Indonesia pada bulan Mei mendatang. Belum ada kabar yang jelas dari PSSI ataupun FIFA terkait rumor tersebut. PSSI hanya menyebutkan bahwa FIFA membatalkan drawing pada tanggal 31.

Bahkan sebuah rumor mengatakan FIFA sudah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah dan menunjuk Peru sebagai penggantinya. Tidak hanya itu,  Argentina juga secara terang-terangan mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti. Di sisi lain, Erick Thohir sedang menuju ke markas FIFA untuk melakukan pembicaraan. 

Sanksi FIFA untuk Indonesia

Sanksi FIFA
Sanksi FIFA untuk Indonesia

Saat ini, Indonesia benar-benar dihantui oleh sanksi FIFA jika Piala Dunia U20  batal dilaksanakan. Salah satu sanksi FIFA yang akan didapatkan Indonesia yaitu membekukan sepakbola Indonesia. Dengan begitu, Indonesia tidak bisa ikut serta dalam turnamen internasional baik tingkat timnas maupun klub. 

Saat ini, timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni Piala Asia 2023 di Uzbekistan. Apabila benar Indonesia mendapatkan sanksi FIFA, maka keikutsertaan Indonesia akan dibatalkan. Padahal, Indonesia sudah menunggu selama bertahun-tahun dan melewati kualifikasi yang berdarah-darah untuk mendapatkan 1 tiket di Piala Asia 2023. 

Sanksi FIFA ini juga bisa merembet ke beberapa hal lain salah satunya yaitu mencoreng nama baik Indonesia. Indonesia akan dicap sebagai negara yang gagal melaksanakan event olahraga. Hasilnya, beberapa event olahraga lain bisa saja mengurungkan niat menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Baca Juga: Buntut Polemik Israel, Piala Dunia U20 Terancam Batal?

Nah, itulah sanksi berat FIFA yang bisa saja dijatuhkan kepada Indonesia. Marilah kita berdoa bersama-sama, semoga diberikanjalan terbaik untuk masalah ini sehingga Indonesia tidak perlu mendapatkan sanksi FIFA. 

Share.

Leave A Reply