Kabar baik datang dari proses naturalisasi 3 pemain keturunan Indonesia yaitu Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struic. Pada Senin (20/3/2023) DPR menggelar rapat dengar pendapat untuk proses naturalisasi ketiga pemain tersebut tersebut. Dalam rapat tersebut, DPR telah menyetujui proses naturalisasi ketiga pemain tersebut. 

Baca Juga: Mesin Jahit Rumput Tiba, Indonesia Benahi Venue Piala Dunia U-20 2023

Walaupun begitu, proses naturalisasi ketiganya belum usai karena masih ada serangkain proses lain seperti menunggu Keputusan Presiden dan Pengambilan Sumpah. Setelah menjadi WNI, PSSI harus melakukan permohonan pemindahan federasi kepada FIFA. Diharapkan, proses naturalisasi ini cepat selesai agar ketiga pemain bisa bergabung di Piala Dunia U-20. 

Proses Naturalisasi Disetujui DPR

Proses Naturalisasi
Proses Naturalisasi Disetujui DPR

Dalam rapat DPR, Komisi lll dan Komisi X menyetujui memberikan rekomendasi kewarganegaraan kepada tiga pemain keturunan sepakbola. Hasil ini didapatkan usai Komisi lll an Komisi X melakukan rapat bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Wakil Ketua Umum PSSi, dan Komite Eksekutif PSSi. 

Namun, ada beberapa catatan yang diberikan oleh Komisi lll dan Komisi X dalam proses naturalisasi kali ini. DPR meminta agar PSSI membuat program pembinaan usia muda dengan baik agar naturalisasi tidak terlalu sering dilakukan. Wakil Ketua Umum PSSI pun mengatakan akan memberikan memenuhi catatan tesebut dalam waktu 1 setengah bulan. 

Proses Naturalisasi
Amunisi Baru STY

Jika ketiga pemain tersebut bisa bergabung dalam skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20 tentu menjadi amunisi baru bagi STY. Ketiganya sebelumnya sudah pernah bergabung dalam TC STY di Spanyol beberapa bulan lalu. Penampilan ketiganya sangat baik dan tenang di dalam lapangan. Ini akan membuat permainan Indonesia semakin baik. 

Baca Juga: Persiapan Timnas U-20 Menjelang Piala Dunia 2023, TC Digelar di Jakarta dan Korea Selatan

Di Piala Asia U-20, STY hanya membawa skuad seadanya saja. Walaupun begitu, skuad Garuda Muda tampil cukup baik dengan meraih 4 poin dengan 1 kemenangan dan 1 hasil imbang. Bahkan, skuad Garuda Muda mampu menahan imbang tanpa gol sang tuan rumah Uzbekistan yang pada akhirnya keluar sebagai juara. 

Share.

Leave A Reply