Kerinduan masyarakat Indonesia akan hiburan sepak bola di tanah air akan segera terobati, Hal ini dikarenakan gelaran Piala Presiden 2022 resmi digelar. Piala Presiden 2022 sendiri merupakan ajang pemanasan bagi klub-klub liga 1 sebelum menjalani kompetisi liga 2022/2023 yang direncanakan akan bergulir pada 27 Juli 2022. Tepat pada 11 Juni 2022, Piala Presiden 2022 resmi dibuka oleh Menpora Zainudin Amali yang menggantikan Presiden Jokowi yang berhalangan hadir. Pembukaan Piala Presiden sendiri dilakukan di Stadion Manahan Solo sebagai venue pertandingan laga pembuka antara PSS Sleman menghadapi Persis Solo.

Baca Juga : Persija Rekrut Bek Timnas Republik Ceko, Odrej Kudela

Laga Pembuka Piala Presiden: Penampilan Ciamik Ridwan Memaksa Persis Solo Berbagi Poin

Piala Presiden 2022 Resmi Digelar

Stadion Manahan Solo terpilih sebagai venue pembuka gelaran Piala Presiden 2022 yang menghadirkan pertandingan di Grup A antara PSS Sleman melawan Persis Solo sebagai partai pembuka. Stadion Manahan Solo yang dipenuhi ribuan Pasoepati-pendukung setia Persis Solo-memberikan tekanan sendiri kepada Persis Solo. Menghadapi PSS Sleman di pertandingan pertama, Persis tampil dengan kekuatan penuh dimana Jacksen F. Tiago langsung menurunkan rekrutan anyar seperti Samsul Arif dan Gavin Kwan Adsit. Kedua tim menampilkan permainan terbuka dengan jual beli serangan yang terjadi diantara kedua tim. Namun penyelesaian akhir yang tidak maksimal dari kedua tim menutup 45 menit pertama dengan skor kacamata.

Ridwan tampi sebagai pahlawan PSS Sleman di babak kedua dimana mantan kiper PSIS Semarang ini beberapa kali mampu memutuskan serangan yang dibangun Persis Solo. Puncak kegemilangan M.Ridwan datang di menit 82 setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada Persis setelah Marckho Sandy melanggar Abduh Lestaluhu di kotak terlarang. Fabiano Beltrame yang maju sebagai eksekutor gagal memasukan bola setelah tendangannya dibaca dengan sempurna oleh Ridwan. Hasil imbang ini memaksa Persis Solo gagal memberi hadiah kemenangan untuk Pasoepati yang rindu akan penampilan tim kebanggaanya di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Pluim Ukirkan Rekor, PSM Raih Poin Penuh di Laga Pertama

Piala Presiden 2022 Resmi Digelar

Pertandingan lain yang digelar dalam pembukaan Piala Presiden 2022 mempertemukan PSM Makassar menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan. Tampil sebagai tuan rumah, Arema harus dikejutkan dengan gol yang diciptakan oleh Pluim saat laga baru berusia 30 detik. Gol ini mengantarkan PSM Makassar unggul 1-0 dan menjadi gol tercepat dalam 5 gelaran Piala Presiden.

PSM kembali mengancam gawang Arema melalui tendangan bebas Christianson yang mengarah langsung ke gawang. Beruntung Maringa masih sigap menangkap bola tersebut. Tuan rumah Arema bukan tampil tanpa peluang dimana pada menit 17 sepakan keras dari luar kotak penalti nyaris menyamakan kedudukan bila tendangan Zola tidak menyentuh tiang gawang.

Baca Juga : Kuwait vs Indonesia: Laga Penting Perbaiki Catatan Rekor Buruk Timnas

Di awal babak kedua, tendangan bebas keras dari Rizky Dwi masih mampu diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang PSM, Reza Arya Pratama. Arema memiliki peluang menyamakan kedudukan di menit 73 melalui sundulan Dedik, namun sayang bola masih berada di sisi gawang PSM. Reza Arya kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan mementahkan tembakan jarak jauh Gian Zola di akhir pertandingan sehingga memaksa Arema FC harus mengakui keunggulan PSM Makassar di hadapan Aremania. Hasil ini mengantarkan PSM sebagai pemuncak klasemen sementara grup D.

Share.

Leave A Reply