FIFA yang secara tiba-tiba mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tentu mengundang banyak pertanyaan. Sebenarnya, apa penyebab batalnya Piala Dunia U20 tersebut? Di dalam pernyataan resmi FIFA, tidak tercantum dengan jelas apa penyebab batalnya Piala Dunia U20. Hanya tertulis, Piala Dunia U20 batal dilaksanakan di Indonesia karena kondisi terkini.

Baca Juga: Resmi! FIFA Menyatakan Piala Dunia U20 Batal Digelar di Indonesia

Sebelum keluar pernyataan resmi dari FIFA perihal pencabutan status tuan rumah ini, masyarakat Indonesia sudah dibuat gaduh karena drawing yang batal. Disebutkan, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia karena meminta jaminan keselamatan terhadap 24 peserta. Pasalnya, maraknya penolakan timnas Israel datang ke Indonesia. Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat berpikir penyebab batalnya Piala DUnia U0 di Indonesia karena penolakan Israel tersebut. 

Suara Netizen Terpecah

Penyebab Batalnya Piala Dunia U20
Suara Netizen Terpecah

Setelah keputusan FIFA dikeluarkan, netizen terpecah mengenai penyebab batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia. Beberapa netizen tetap mengatakan batalnya Piala DUnia ini disebabkan oleh penolakan Israel karena berkaitan dengan kondisi terkini di Indonesia. Oleh karena itu, tidak sedikit netizen yang mulai menyerang para politikus yang menyuarakan penolakan Israel mulai dari Ganjar Pranowo, Koster, hingga akun Partai Politik yang menolak. 

Beberapa netizen lain juga mengatakan bahwa penyebab batalnya Piala Dunia U20 ini karena Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 silam. Hal ini karena tragedi ini tertulis dalam surat keputusan FIFA. Namun, jika dibaca secara menyeluruh pembatalan ini tidak disebabkan oleh Tragedi Kanjuruhan. Dalam suratnya, FIFA hanya menegaskan bahwa komitmen PSSI dan FIFA terkait Tragedi Kanjuruhan tetap berlanjut. 

Bahkan, ada juga yang menyoroti perihal kesiapan prasarana yang hendak digunakan di Piala Dunia U20. Beberapa netizen mengatakan bahwa penyebab batalnya karena prasarana yang tidak siap ketika Piala Dunia U20 sebentar lagi akan dilaksanakan. Mengingat, sehari sebelum pengumuman FIFA tersebut inspeksi sedang dilakukan di beberapa stadion. 

Penyebab Batalnya Piala Dunia U20

Penyebab Batalnya Piala Dunia U20
Penyebab Batalnya Piala Dunia U20

Lantas apa sebenarnya penyebab batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia? Terkait simpang-siurnya informasi yang beredar, ketua umum PSSI Erick Thohir melakukan konferensi pers di Sekretariat Presiden. Dalam konferensi pers tersebut, Erick Thohir menyampaikan penyebab batalnya Piala Dunia. 

Erick Thohir menyampaikan bahwa penolakan-penolakan yang terjadi dianggap sebagai sebuah intervensi pemerintah. Mengingat, penolakan-penolakan dilakukan Gubernur dan juga partai politik. Banyak kejadian, FIFA memang memberikan sanksi kepada intervensi layaknya yang terjadi di Indonesia tahun 2015 silam.

Baca Juga: Ambisi STY Usai Indonesia Dinyatakan Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Erick Thohir juga membantah bahwa kesiapan stadion yang menjadi penyebab batalnya Piala Dunia U20. Erick Thohir menyebutkan bahwa FIFA sudah melakukan inspeksi ke-6 stadion yang sudah dipilih. Dari ke-6 stadion tersebut, semuanya lolos verifikasi. Jadi, itu bukan menjadi penyebab batalnya Indonesia sebagai tuan rumah. 

Share.

Leave A Reply