Mungkin Anda yang sering menonton sepakbola sudah tidak asing lagi dengan sebutan 4-4-2 atau 4-4-3. Angka-angka tersebut merupakan formasi sepak bola yang digunakan sebuah tim. Sang pelatih terlebih dahulu mempelajari lawannya kemudian memutuskan formasi apa yang tepat digunakan. 

Baca Juga: Lakukan Latihan Menggiring Bola Agar Lebih Mahir Bermain Sepak Bola

Seiring berkembangnya zaman, formasi sepak bola selalu berkembang. Di awal kemunculannya, formasi sepak bola belum terlalu dipedulikan. Namun, saat ini formasi merupakan salah satu faktor penting dalam permainan. Pelatih yang mampu menerapkan formasi yang tepat pada timnya akan membawa timnya pada kemenangan. 

Pentingnya Formasi Sepak Bola

Formasi Sepak Bola
Pentingnya Formasi Sepak Bola

Tujuan penggunaan formasi sepak bola yaitu untuk menempatkan pemain pada posisi tertentu. Secara garis besar, posisi pemain dibagi menjadi 4 yaitu kiper, pemain bertahan, pemain tengah dan penyerang. Oleh karena itu, formasi dilambangkan dalam 3 angka yang menggambarkan jumlah pemain bertahan pemain tengah dan pemain depan.

Setiap pemain dituntut mampu menjalankan tugas di setiap posisi yang diberikan. Umumnya, formasi ini bersifat tetap selama pertandingan namun tidak jarang juga formasi bisa berubah di tengah permainan. Hal ini umumnya terjadi jika  formasi awal dirasa kurang efektif dalam pertandingan. 

Formasi Sepak Bola

Formasi Sepak Bola
Formasi Sepak Bola

Lantas apa saja formasi dalam sepak bola? Sebenarnya, formasi sepak bola ini tidak ada ketentuan baku atau pasti. Setiap pelatih bisa mengembangkan formasinya masing-masing yang dirasa efektif. Yang jelas, formasi sepak bola ini bisa dibedakan menjadi 2 garis besar yaitu formasi bertahan dan menyerang. Di bawah ini sudah disiapkan beberapa formasi sepak bola yang umum digunakan. 

  • 4-4-2

Salah satu formasi yang paling terkenal yaitu formasi 4-4-2. Formasi ini menempatkan pemain 4 pemain bertahan, 4 pemain tengah dan 2 pemain depan. Formasi ini sering digunakan karena memiliki pertahan yang cukup baik namun juga bisa menyerang dengan tenang. Adanya 4 pemain bertahan membuat pertahanan cukup baik. Lalu 4 pemain tengah bisa membantu serangan lalu memberikan umpan-umpan ke penyerang di depan. 

  • 4-5-1

Tim yang sudah unggul jumlah gol, terkadang menggunakan formasi 4 pemain belakang, 5 pemain tengah dan 1 penyerang tunggal. Formasi ini akan menyulitkan tim lawan memecah pertahanan karena terdapat 4 pemain belakang dan 5 pemain yang siap mundur membantu pertahanan. Saat terjadi kesalahan, tim akan langsung melakukan serangan balik dengan menargetkan 1 penyerang tunggal menjadi eksekutor. 

  • 5-4-1

Formasi 5-4-1 ini fokus dalam pertahanan karena terdapat 5 pemain bertahan. Tim yang biasanya menggunakan formasi ini bertujuan untuk melakukan serangan balik saat tim lawan melakukan kesalahan. Ditempatkan 1 pemain di depan bertujuan menjadi target man dengan melakukan penyelesaian yang baik dari serangan balik. 

  • 3-5-2

Formasi terakhir yaitu 3-5-2 di mana menggunakan 3 pemain bertahan. Dengan menumpuknya 5 pemain tengah ini membuat daya serang formasi ini akan semakin besar. Akan tetapi, formasi ini cukup rentan karena sisi sayap tidak tercover oleh 3 pemain bertahan ini. Oleh karena itu, formasi ini cukup rapuh dibagian pertahanan. 

Baca Juga: Memahami Posisi Pemain Sepakbola Dalam Lapangan

Nah, itulah dia beberapa formasi sepak bola yang sering digunakan oleh kebanyakan pelatih. Bagaimana, sekarang Anda sudah tahukan maksud kode formasi setiap pertandingan sepakbola? 

Share.

Leave A Reply