Bermain di kandang sendiri di depan 50 ribu penonton ternyata tidak membuat Indonesia berhasil mengalahkan Thailand. Bahkan Indonesia yang memiliki keunggulan jumlah pemain harus mengakhiri pertandingan dengan skor imbang. Hasil inipun membuat Indonesia gagal mengamankan tiket semifinal Piala AFF secepat mungkin. 

Baca juga : Sang Legenda Dunia Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Hingga pertandingan ketiga berakhir, belum ada satupun negara dari grup A yang memastikan lolos ke semifinal Piala AFF. Filipina dan Brunei sudah dipastikan gugur karena tidak mengoleksi poin yang cukup. Jadi, perebutkan tiket semifinal tersisa Thailand, Indonesia dan Kamboja. 

Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF
Syarat Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

Saat ini, Thailand memimpin klasemen grup A dengan torehan poin yang sama dengan Indonesia yaitu 7. Indonesia maupun Thailand sama-sama sudah mengoleksi 10 gol. Namun Thailand baru kebobolan 1 sedangkan Indonesia sudah kebobolan 2. Dengan begitu, Thailand memiliki selisih gol yang lebih baik sehingga duduk di posisi pertama. 

Di posisi ketiga ada Kamboja yang siap mencuri satu tiket ke semifinal. Saat ini, Kamboja memiliki koleksi 6 poin. Jadi,  syarat Kamboja agar bisa lolos ke semifinal yaitu menang di pertandingan terakhir. Namun Kamboja akan berhadapan dengan lawan yang tangguh yaitu Thailand. 

Walaupun Indonesia sudah mengoleksi 7 poin, namun hal ini belum memastikan Indonesia mengamankan tiket semifinal Piala AFF. Adapun syarat Indonesia lolos ke semifinal yaitu sebagai berikut. 

  • Menang dari Filipina

Tentu saja, syarat pertama agar Indonesia bisa lolos ke semifinal piala AFF yaitu menang atas Filipina. Jika menang dari Filipina, maka Indonesia berhasil mengoleksi 10 poin. Akan tetapi, hal ini belum memastikan Indonesia bisa lolos sebagai juara grup atau tidak. 

Syarat agar Indonesia bisa lolos sebagai juara grup yaitu berhasil mengalahkan Filipina dengan skor sebanyak-banyaknya. Pasalnya, jika Thailand mengalahkan Kamboja, maka penentuan juara grup yaitu selisih gol. Saat ini, Indonesia masih kalah selisih gol dari Thailand. 

Syarat kedua yang bisa membuat Indonesia keluar sebagai juara grup yaitu Kamboja menang dari Thailand. Jika ini terjadi, maka yang lolos yaitu Kamboja dan Indonesia sebagai juara grup. Namun sepertinya hal ini sulit terjadi karena Thailand jauh diunggulan dari Kamboja di atas kertas. 

  • Imbang dari Filipina

Sebenarnya, Indonesia hanya butuh hasil imbang saat melawan Filipina. Dengan hasil imbang ini, Indonesia dipastikan mengunci satu tiket semifinal sebagai runner up grup A tanpa perlu melihat hasil akhir pertandingan dari Thailand vs Kamboja. 

Hal ini karena, dengan hasil imbang melawan Filipina membuat Indonesia mengoleksi 8 poin. Jika Thailand menang dari Kamboja, maka mengoleksi 10 poin. Jika Kamboja yang menang, maka Kamboja mengoleksi 9 poin. Jadi, Indonesia pasti berada di urutan kedua siapapun yang menang dalam pertandingan tersebut. 

Jika Indonesia Kalah dari Filipina

Jika Indonesia Kalah dari Filipina
Jika Indonesia Kalah dari Filipina

Mengingat dalam pertandingan sepakbola apapun bisa terjadi, maka ada kemungkinan Indonesia kalah melawan Filipina meskipun diunggulkan. Lantas apakah Indonesia masih memiliki kemungkinan lolos ke semifinal jika kalah dari Filipina? Jawabannya masih, jika memenuhi syarat berikut ini. 

Syarat pertama yaitu, Thailand wajib menang dari Kamboja. Dengan begitu, Thailand otomatis keluar sebagai juara grup. Dan Indonesia keluar sebagai runner up karena Kamboja tertahan di posisi ketiga dengan poin 7. 

Namun jika Thailand dan Kamboja bermain imbang, maka Indonesia tidak boleh kalah lebih dari 3 gol. Dengan begitu, poin Indonesia dan Kamboja sama-sama 7 poin. Jadi, penentuan runner up melihat selisih gol kedua tim. Saat in, Indonesia memiliki selisih 8 gol, sedangkan Kamboja 4 gol. 

Baca juga : Hasil Brunei vs Indonesia: Asnawi cs Pesta Gol 7-0

Jika ternyata Kamboja berhasil mengalahkan Thailand, maka Indonesia wajib berharap Kamboja bisa menang besar. Dengan begitu, Indonesia bisa lolos karena selisih gol yang lebih baik. 

Share.

Leave A Reply