Kualifikasi Piala Asia 2023 putaran ketiga telah usai, dan pertandingan antara Indonesia vs Nepal menjadi penutupnya. Dengan memangnya Indonesia atas nepal 7 gol tanpa balas, membuat Indonesia menjadi tim terakhir yang mengamankan tiket bertanding di Piala Asia 2023. Dengan begitu, genap sudah daftar tim yang lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga : Daftar Lengkap Negara Peserta Piala Dunia 2022, Kosta Rika Berhasil Rebut Tiket Terakhir

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, berlangsug sangat sengit. Di mana terdapat 6 tim yang harus memperebutkan 5 tiket tersisah untuk bisa tampil di ajak paling bergengsi di Asia ini. Keenam tim ini harus bisa menduduki posisi runner-up terbaik agar lolos ke putaran final piala Asia 2023.

Salah satu tim yang harus merebutkan tiket yang tersisah yaitu Indonesia. Sebelum bertanding dengan Nepal, Indonesia berada diperingkat paling bawah dari seluruh runner up putaran ketiga ini. Namun, kemenangan luar biasa yang diraih Indonesia saat melawan Nepal membuatnya berada di urutan kedua runner up terbaik. Dengan begitu, Indonesia dinyatakan lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Namun tim yang harus rela tidak lolos ke putaran final yaitu Filiphina. Posisi Filiphina semakin turun setelah Malaysia berhasil mengganyang Bangladesh dengan skor yang sangat menyakinkan yaitu 4-1. Di tambah lagi, kemenangan 7-0 yang diraih Indonesia saat bertemu Nepal membuat posisi Filiphina semakin turun. Dengan begitu, Filiphina dinyatakan gugur dan Indonesia berhak  lolos ke Piala Asia 2023 nanti.

Daftar Tim yang Lolos Ke Piala Asia 2023

piala asia 2023

Ada 24 tim yang berhasil mengamankan tiket untuk tampil di Piala Asia 2023. Berikut ini daftar tim yang lolos ke Piala Asia 2023 termasuk Indonesia.

  1. Suriah (Juara Grup A Putaran Kedua)
  2. China (Runner-Up Grup A Putaran Kedua)
  3. Australia (Juara Grup B Putaran Kedua)
  4. Iran (Juara Grup C Putaran Kedua.
  5. Irak (Runner-Up Grup C Putaran Kedua)
  6. Arab Saudi (Juara Grup D Putaran Kedua)
  7. Qatar (Juara Grup E Putaran Kedua)
  8. Oman (Runner-Up Grup E Putaran Kedua)
  9. Jepang (Juara Grup F Putaran Kedua)
  10. Uni Emirat Arab (Juara Grup G Putaran Kedua)
  11. Vietnam (Runner-Up Grup G Putaran Kedua)
  12. Korea Selatan (Juara Grup H Putaran Kedua)
  13. Lebanon (Runner-Up Grup H Putaran Kedua)
  14. Yordania (Juara Grup A Putaran Ketiga)
  15. Indonesia (Runner-Up Grup A Putaran Ketiga)
  16. Palestina (Juara Grup B Putaran Ketiga)
  17. Uzbekistan (Juara Grup C Putaran Ketiga)
  18. Thailand (Runner-Up Grup C Putaran Ketiga)
  19. India (Juara Grup D Putaran Ketiga)
  20. Hong kong (Runner-Up Grup D Putaran Ketiga)
  21. Bahrain (Juara Grup E Putaran Ketiga)
  22. Malaysia (Runner-Up Grup E Putaran Ketiga)
  23. Tajikistan (Juara Grup F Putaran Ketiga)
  24. Kyrgystan (Runner-Up Grup E Putaran Ketiga)

Semua tim yang berada di daftar tim yang lolos ke Piala Asia 2023 akan dijadwalkan bertanding  pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023 mendatang. Namun, belum dapat dipastikan siapa yang akan menjadi tuan rumahnya. Seharusnya, China lah yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Akan tetapi, akibat penanganan Covid-19, China memutuskan mundur sebagai tuan rumah.

Baca Juga : Lanjutan UEFA Nations League, Inggris Dibantai Hungaria 4-0 di Kandang Sendiri !

Sejauh ini, terlihat Jepang dan Korea Selatan lah yang sangat serius menyatakan ingin menjadi tuan rumah tunggal. Selain itu, Indonesia juga ditawarkan untuk menjadi tuan rumah oleh AFC. Namun hingga saat ini, PSSI masih mengkaji tawaran dari AFC tersebut.

Share.

Leave A Reply