Jelang drawing pembagian grup Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong yang menukangi skuad Garuda Muda memberikan sebuah pernyataan. STY mengatakan bahwa dirinya berhadapan agar Indonesia dapat lawan mudah di Piala Dunia U-20. Walaupun begitu, STY juga mengatakan akan siap melawan siapapun lawan Indonesia nantinya. 

Baca Juga: Proses Naturalisasi Disetujui DPR, Justin Hubner CS Siap Bermain di Piala Dunia U-20

Di Piala Dunia U-20, Indonesia masuk ke dalam pot 1 yang berisikan Indonesia, Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal dan Italia. Indonesia masuk ke dalam pot 1 karena berstatus sebagai tuan rumah. Dengan kata lain, Indonesia tidak akan bertemu Italia, Uruguay, hingga Prancis. Lantas siapakah lawan Indonesia di Piala Dunia U-20 nantinya?

Lawan Mudah di Piala Dunia U-20

Lawan Mudah di Piala Dunia U-20
Lawan Mudah di Piala Dunia U-20

Drawing Piala Dunia U-20 baru akan dilakukan pada 31 Maret mendatang di Pulau Bali. Mendekati momen tersebut, Shin Tae Yong menyebutkan ingin mendapatkan lawan yang mudah. Namun Shin Tae Yong juga menyebutkan harapannya tersebut tidak mungkin. Walaupun begitu, Shin tae Yong mengajak semua orang agar Indonesia mendapatkan lawan yang mudah. 

Shin Tae Yong sendiri cukup berpengalaman di Piala Dunia baik kategori umur ataupun senior. Di tahun 2017, Shin Tae Yong menukani Korea Selatan U-20 dan melaju ke babak 16 besar. Kala itu, Korea Selatan mendapatkan lawan yang cukup sulit yaitu Inggris, Argentina dan Guinea. 

Kemungkinan Lawan Indonesia

Lawan Mudah di Piala Dunia U-20
Kemungkinan Lawan Indonesia

Jika melihat aturan drawing yang sudah ditetapkan oleh FIFA Anda bisa mengira-ngira siapakah lawan Indonesia nantinya. Aturan drawing menyebutkan bahwa tim yang berada  dalam satu pot yang sama tidak akan bertemu di babak grup. Selain itu, tim yang berasal dari konfederasi yang sama juga tidak akan bertemu di babak grup. 

Berdasarkan aturan tersebut, lawan Indonesia menyisakan yang berada di pot 2, 3 dan 4. Di pot 2, ada tim Asia yaitu Korea Selatan sehingga lawan Indonesia dari pot 2 kemungkinan Inggris, Selandia Baru, Brasil, Kolombia atau Ekuador. Di pot 3 ada tim Asia lain seperti Irak, Jepang dan Uzbekistan. Jadi, kemungkinan lawan Indonesia yaitu Nigeria dan Fiji. 

Baca Juga: Mesin Jahit Rumput Tiba, Indonesia Benahi Venue Piala Dunia U-20 2023

Di pot 4 Indonesia dilarang bertemu Israel sehingga kemungkinan lawan Indonesia adalah Republik Dominika, Slovakia, Tunisia dan Guatemala. Jika melihat penjelasan tersebut, lawan sulit Indonesia ada di pot 2. Sedangkan pot 3 masih Fiji yang menjadi lawan mudah. Lalu di pot 4 ada Guatemala yang pernah bertanding dengan skuad Garuda Muda. 

Share.

Leave A Reply