Pemain bertahan merupakan salah satu posisi yang penting dalam sepak bola. Pemain bertahan bertugas mengawal daerah pertahanan agar tidak kebobolan. Oleh karena itu, pemain bertahan dituntut mampu mengawasi pemain lawan dan mampu berduel. Lantas bagaimanakah latihan menjadi pemain bertahan yang bisa dilakukan?

Baca Juga: Mengenal Formasi Sepak Bola yang Digunakan Para Pelatih

Apabila Anda berpikir seorang pemain sepakbola hanya perlu menggiring dan mengoper, maka hal tersebut kurang tepat. Pasalnya, seorang pemain bertahan perlu beberapa hal lain salah satunya yaitu mampu berduel dengan pemain lawan dalam merebut bola. Oleh karena itu, pemain bertahan memiliki porsi latihan yang sedikit berbeda. 

Tugas Pemain Bertahan

Latihan Menjadi Pemain Bertahan
Tugas Pemain Bertahan

Sebelum mengetahui apa saja latihan menjadi pemain bertahan, sebaiknya pahami terlebih dahulu tugas dari pemain bertahan. Tugas pemain bertahan dibagi menjadi 4 berdasarkan posisinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak tugas pemain bertahan di bawah ini. 

  • Center Back

Center back merupakan pemain bertahan ditempatkan di tengah tepat di depan penjaga gawang. Tugas utama dari seorang center back yaitu menjaga daerah tengah dari serangan lawan dan membantu kiper agar tidak kebobolan. Umumnya, seorang pemain center back memiliki tubuh yang besar dan tinggi karena harus mampu berduel merebut bola dan duel udara. 

  • Fullback

Posisi selanjutnya yaitu fullback yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri daerah pertahanan. Tugas utama dari seorang fullback yaitu menjaga daerah kanan dan kiri lapangan dari serangan. Umumnya, fullback dituntut mampu menghalangi pemain sayap lawan untuk melakukan serangan maupun melepaskan umpan-umpan silang. Tidak jarang juga, fullback dibutuhkan untuk melakukan penyerangan.

  • Wing Back

Hampir mirip seperti fullback, wing back juga ditempatkan di sisi kanan dan kiri lapangan. Tentunya, tugas wing back yaitu menghentikan serangan dari sisi kanan dan kiri lapangan. Akan tetapi, wing back lebih banyak dituntut untuk membantu serangan dibandingkan fullback. 

  • Sweeper

Posisi terakhir yaitu sweeper atau penyapu berada di antara kiper dan center back. . Tugas utama seorang sweeper yaitu menyapu bola yang berhasil menembus barisan pertahanan. Jadi, saat ada bola yang berhasil melewati center back, maka tuas sweeper untuk menyapu bola menjauh. 

Latihan Menjadi pemain Bertahan

Latihan Menjadi Pemain Bertahan
Latihan Menjadi pemain Bertahan

Setelah mengetahui tugas-tugas seorang pemain bertahan, sekarang waktunya untuk mengetahui latihan menjadi pemain bertahan. Tidak perlu berbasa-basi lagi, simak latihan menjadi pemain bertahan di bawah ini. 

  • Latihan Kekuatan dan Keseimbangan

Latihan yang perlu dilakukan pertama yaitu latihan kekuatan dan keseimbangan. Seorang pemain bertahan harus memiliki kekuatan agar bisa memenangkan duel dengan pemain lawan. Selain itu, dibutuhkan juga kesimbangan agar tidak mudah terjatuh saat berduel dengan pemain lawan. 

  • Latihan Kardio

Latihan selanjutnya yaitu kardio demi menunjang daya tahan tubuh yang tinggi. Seorang pemain bertahan dituntut memiliki daya tahan yang tinggi agar tidak mudah lelah saat bertanding. Daya tahan yang baik juga membantu seorang pemain bertahan fokus dalam pertandingan. Beberapa latihan yang cocok dilakukan yaitu bersepeda dan berenang. 

  • Latihan Penempatan Posisi

Tidak lupa juga latihan penempatan posisi yang tepat. Bila seorang pemain bertahan salah dalam penempatan posisi, maka akan membuat pemain lawan memiliki ruang tembak langsung ke gawang. Oleh karena itu, cobalah latihan untuk mengamati lingkungan. Pastikan Anda selalu mengetahui di mana posisi penyerang lawan, di mana posisi pemain tengah lawan. Ketahui juga di mana posisi rekan sendiri agar tidak terjadi kesalahan komunikasi. 

  • Latihan Teknik Dasar

Latihan yang tidak boleh dilupakan terakhir yaitu latihan  teknik dasar seperti dribbling, passing dan shooting. Di sepak bola modern, pemain bertahan tidak hanya tentang menyapu bola saja. Saat ini pemain bertahan dituntut mampu terlibat dalam pembangunan serangan. Oleh karena itu, pemain bertahan wajib memiliki kemampuan dribbling, passing dan shooting yang baik. 

Baca Juga: Lakukan Latihan Menggiring Bola Agar Lebih Mahir Bermain Sepak Bola

Nah itulah dia latihan menjadi pemain bertahan yang bisa Anda lakukan. Pastikan selalu melakukan latihan menjadi pemain bertahan ini secara rutin agar kemampuan Anda semakin mahir. 

Share.

Leave A Reply