Menjadi seorang striker dan mampu mencetak banyak gol mungkin menjadi impian banyak pecinta sepakbola. Namun, menjadi seorang striker tidaklah mudah karena dituntut memiliki naluri haus gol yang tinggi. Tidak hanya itu, perlu latihan jadi striker yang tidak mudah dilakukan. 

Baca Juga: Latihan Menjadi Pemain Bertahan Dan Pahami Tugasnya

Seorang striker bukanlah pemain yang hanya menunggu sebuah peluang tercipta. Seorang striker dituntut mampu membuat sekecil apapun peluang menjadi sebuah gol. Oleh karena itu, striker harus bisa menempatkan dirinya di posisi yang baik untuk agar terciptanya sebuah peluang. 

Latihan Jadi Striker

Latihan Jadi Striker
Latihan Jadi Striker

Lantas apa saja latihan jadi striker yang bisa dilakukan? Di bawah ini sudah disiapkan 2 porsi latihan yang bisa Anda lakukan demi menjadi striker yang mampu mencetak banyak gol. 

  • Latihan Teknik Dasar Sepakbola

Latihan jadi striker yang perlu Anda lakukan pertama kali yaitu latihan teknik dasar. Setidaknya ada 4 teknik dasar bagi seorang striker yaitu dribbling, shooting, controlling dan heading. Keempat teknik ini sangat diperlukan bagi seorang striker untuk bisa merobek gawang tim lawan.

Seorang striker dituntut mampu memiliki dribbling yang sangat baik agar bisa menggiring bola ke ruang tembak yang jauh lebih berpeluang gol. Dituntut juga seorang striker mampu melakukan speed dribbling agar tidak terkejar oleh pemain bertahan tim lawan. 

Shooting dan heading adalah senjata pamungkas bagi seorang striker dalam merobek gawang lawan. Oleh karena itu, striker dituntut mampu memiliki tembakan yang sangat akurat. Selain itu, striker juga dituntut mampu melakukan duel udara dem melakukan heading. 

Teknik terakhir yang perlu dikuasai yaitu controlling. Sebagai seorang striker, dituntut mampu menerima bola dengan baik agar tidak kehilangan momentum peluang. Seorang striker juga dituntut mampu melakukan controlling menggunakan bagian tubuh manapun baik kaki, kepala hingga dada. 

  • Latihan Tembakan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, shooting merupakan senjata pamungkas seorang striker . Oleh karena itu, salah satu latihan jadi striker yang paling penting yaitu melatih tembakan. Beberapa tembakan yang perlu Anda latih yaitu tembakan voli, tembakan bebas, tembakan first time, tap in dan masih banyak lainnya. 

Untuk latihan tembakan voli, sebaiknya ajak partner Anda untuk membantu. Mintalah partner Anda untuk membuang bola ke arah depan lalu disambut dengan tembakan keras. Ulangi terus menerus hingga tembakan Anda bisa mengenai bola dengan baik dan memiliki akurasi yang baik. Saat sudah bisa, jangan lupa untuk selalu dilatih.

Anda juga bisa meminta bantuan partner Anda menjadi pagar hidup untuk berlatih tembakan bebas. Pastikan tembakan bebas Anda mampu melewati pagar hidup dan melengkung cantik ke dalam gawang. Selalu ulangi terus menerus agar akurasi tembakan semakin baik. 

Hal yang Perlu Dimiliki Seorang Striker

Latihan Jadi Striker
Hal yang Perlu Dimiliki Seorang Striker

Selain melakukan latihan jadi striker, ada beberapa hal yang wajib dimiliki oleh seorang striker . Beberapa hal ini terkait kecerdasan seorang pemain di dalam lapangan. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut 2 hal penting bagi seorang striker . 

  • Kemampuan Membaca Permainan

Seorang striker wajib bisa membaca arah permainan agar bisa mendapatkan posisi yang baik untuk mencetak gol. Seorang striker juga wajib mengetahui posisi pemain bertahan lawan agar tidak terjadi offside. Perlu diingat juga, seorang striker dituntut untuk menantang pemain bertahan lawan untuk membuat pemain lain memiliki  ruang yang lebih baik. 

  • Mampu Menyesuaikan Dengan Strategi

Di setiap pertandingan, pelatih terkadang akan menggunakan bermacam-macam strategi yang disesuaikan dengan lawannya. Terkadang, seorang striker akan ditempatkan di posisi yang sedikit berbeda. Namun,seorang striker wajib bisa beradaptasi di beberapa posisi tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Formasi Sepak Bola yang Digunakan Para Pelatih

Nah, itulah dia beberapa latihan jadi striker yang bisa Anda lakukan. Ulangi terus latihan meskipun sudah merasa menguasainya. Sekali Anda meremehkan latihan, maka kemampuan Anda bisa jadi menurun. 

Share.

Leave A Reply