Pentingnya Elite Pro Academy atau sering disingkat menjadi EPA sudah mendapatkan titik terang. PSSI menjelaskan bahwa kompetisi kelompok usia ini akan kembali digelar pada tahun 2023. Tidak hanya 1 kelompok usia saja, melainkan hingga 4 kelompok usia. 

Baca juga : Resmi! Tiket Indonesia vs Argentina Paling Murah 600 Ribu

Di musim sebelumnya, PSSI juga mengadakan Elite Pro Academy tetapi hanya untuk 2 kelompok usia yaitu U16 dan U18. Namun di musim ini, kelompok usia yang dipertandingkan semakin diperbanyak. Bahkan, di musim 22/23 akan mempertandingkan kelompok usia U13, U16, U18 dan U21. 

Pentingnya Elite Pro Academy

Pentingnya Elite Pro Academy

Pentingnya Elite Pro Academy

Kompetisi ini merupakan dasar yang sangat penting bagi perkembangan sepakbola Indonesia. Bahkan sang ketua umum Erick Thohir mengatakan bahwa pembinaan usia muda ini menjadi core utama PSSI kali ini. Pasalnya, para bibit-bibit muda inilah yang akan menjadi pondasi masa depan timnas Indonesia. 

Erick Thohir mengatakan bahwa membangun timnas itu tidak dapat dilakukan hanya dalam hitungan bulan. Sang Ketua Umum mengatakan bahwa proses tersebut dilakukan dalam proses bertahun-tahun. Oleh karena itu, pembinaan dari usia muda merupakan kuncinya. 

Pembinaan ini juga menjadi salah satu cara mencapai mimpi Indonesia tembus peringkat 100 besar FIFA. Oleh karena itu, Erick Thohir meminta kepada semua pihak untuk menjalan rencana ini dengan serius demi kemajuan sepakbola Indonesia. 

Sebenarnya kompetisi ini tidak semata-mata untuk timnas Indonesia, tetapi juga untuk semua tim. Dengan memiliki pembibitan usia muda, maka tim-tim yang berlaga di Liga 1 bisa memiliki stok pemain-pemain hebat. Jadi, kompetisi ini diharapkan tidak hanya jadi ajang formalitas belaka. 

Jadwal Elite Pro Academy

Jadwal Kompetisi Elite Pro Academy
Jadwal Kompetisi Elite Pro Academy

Jadwal Elite Pro Academy

Lantas kapan kompetisi kelompok usia ini akan dilaksanakan? Berikut ini agenda Elite Pro Academy yang akan dilaksanakan di musim 22/23

  • EPA U21 (September 2023-Februari 2024)
  • EPA  U18 (September 2023-November 2023)
  • Elite Pro Academy U15 (September 2023-November 2023)
  • EPA  U13 (September 2023-November 2023)

Baca juga : Di Kongres Biasa PSSI, Erick Thohir Sampaikan 3 Poin Utama

Itulah dia jadwal agenda Elite Pro Academy. Bagaimana harapan kalian, mengenai  kompetisi kelompok usia kali ini? 

Share.

Leave A Reply